700 Pelari Ikuti UGM International Trail Run 

YOGYAKARTA, SMJogja.com – Tujuh ratus pelari bakal berpartisipasi dalam event UGM International Trail Run (ITR) 2022 pada Minggu (16/10) mendatang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Kagama juga akan ikut berlari bersama ratusan peserta lainnya menyusuri rute sekitar kawasan Wanagama Science Edu Eco Park, Gunung Kidul. 

UGM ITR 2022 merupakan salah satu agenda dalam rangkaian peringatan dies natalis ke-73 UGM. Event ini pertama kali digelar pada 2019 namun sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. “Tahun ini, kami kembali menyelenggarakan ITR sebagai bagian dari peringatan 73 tahun UGM,” kata Nugroho Dewayanto selaku ketua panitia pelaksana UGM ITR 2022 sekaligus ketua komunitas Kagama Lari Untuk Berbagi kepada wartawan, Kamis (13/10).

Dengan mengangkat tema run, edu, care, harapannya akan memupuk kecintaan terhadap alam dan lingkungan. Penyelenggaraan tahun ini terbuka untuk kategori jarak 7, 14, dan 21 kilometer. Peserta yang berhasil menyelesaikan lomba dengan catatan waktu tercepat nantinya akan memperoleh hadiah.

Read More

“Mengingat beberapa hari terakhir sering turun hujan, rute akan sedikit diubah. Demi keselamatan para pelari, rute menyeberangi Sungai Oya ditiadakan,” ungkapnya.

Sebagai langkah antisipasi keamanan, pihak panitia juga telah berkoordinasi dengan tim SAR, BPBD, P4KL UGM, dan institusi kepolisian setempat. Sementara itu, ketua panitia dies natalis ke-73 UGM Eni Harmayani menyatakan menyambut baik event ITR di Wanagama. 

Dia berharap kegiatan tersebut bisa menggairahkan kembali olahraga lari sekaligus memupuk semangat kebersamaan antara UGM dengan alumni. “Para peserta juga bisa menikmati keindahan alam hutan Wanagama,” tambahnya.

Selain trail run, perayaan dies natalis kali ini juga akan diisi dengan kegiatan seminar, lomba olahraga dan memancing, gowes, pagelaran wayang kulit, nitilaku serta penganugerahan UGM dan HB IX. 

Related posts

Leave a Reply