Akhir Pekan di Jogja Mau ke Mana? Bendung Lepen Sajikan Keindahan Alami

Menikmati sungai bersih penuh ikan di Bendung Lepen / Agung PW

JOGJA, SMJogja.com – Akhir pekan sudah tiba, jalan-jalan ke Jogja tiada habisnya. Ada banyak destinasi wisata di dalam maupun luar kota yang nyaman. Salah satunya, Bendung Lepen yang tak jauh dari Terminal Giwangan. Juga, hanya beberapa menit dari Pasar Buah dan Sayur Giwangan yang hidup 24 jam.

Bendung Lepen berada di Mrican, Umbulharjo. Di sini mengalir Sungai Gajah Wong yang cukup deras. Kampung di sekitar sungai tmpak tertata rapi dengan aliran kecil atau kalen dari sungai yang mengitarinya. Nah, air yang membentuk aliran kecil ini menjadi daya tarik. Mengapa?

Warga setempat memanfaatkannya untuk memelihara ikan nila dan sebagian kecil lele. Pemuda setempat sejak beberapa tahun lalu berusaha memikirkan untuk mengubah aliran sungai yang kotor menjadi bersih. Tak hanya bersih tapi juga bernilai untuk wisata dan ekonomi. Jadilah mereka membendung, mengatur dan mengisinya dengan benih ikan.

”Pagi hari biasanya komunitas-komunitas yang ke sini misal sepeda dan lainnya. Bendung Lepen ramai kalau sore hari, terlebih akhir pekan pasti penuh,” tutur Lejar, warga setempat.

Read More

Ia pun memanfaatkan rumahnya untuk warung makan. Lokasinya yang tepat di pintu masuk cukup strategis apalagi ia juga banyak kenal dengan komunitas di Jogja bahkan luar kota. Bendung Lepen menjadi tempat favorit bersama keluarga, anak-anak pasti senang bisa memberi makan ikan di sana. Warga menyediakan pelet ikan yang harganya hanya Rp 2.000.

Tak perlu jauh-jauh melewatkan akhir pekan, Bendung Lepen menyajikan keindahan sungai alami dengan warna-warni ikan yang meredupkan hatiā€¦selamat menikmati !

Related posts

Leave a Reply