Aktivitas Mulai Normal, Prospek Bisnis Hotel di Jogja Makin Bagus

F Heru Christianto / ist

JOGJA, SMJogja.com – Prospek perhotelan di Jogjakarta pasca pandemi Covid-19 sangat bagus. Selain memiliki banyak destinasi pariwisata yang menarik dan mudah dijangkau, harga- harga murah, serta tingkat yang kriminalitas lebih rendah dibandingkan kota besar lainnya.

”Sebagai destinasi wisata, posisi Jogjakarta seimbang dengan Bali,” tutur F Heru Christianto, Hotel Operator Cemerlang Berkat Indotama (CBI) yg berkantor di Hotel Bifa, Jalan Perintis Kemerdekaan Kotagede, Jogjakarta.

Menurut Chris ada enam potensi pasar yang sedang tumbuh pesat di Jogjakarta pasca pandemi yaitu pasar wisata petualang, pasar pekerja lepas industri digital, pasar wisata religi terutama untuk muslim, pasar pemerintahan, pendidikan dan milenial.

Potensi-potensi tersebut makin tumbuh pesat sehingga menarik minat pengusaha untuk melakukan investasi di bidang properti khususnya perhotelan.

Read More

Cepat Pulih

Chris yang pernah menjadi kru kapal pesiar di Port Miami Florida USA juga mengatakan bahwa potensi okupansi hotel di Jogjakarta lebih cepat pulih dibandingkan destinasi wisata lain termasuk Bali.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata, pada musim liburan lalu kunjungan wisatawan lokal di Jogjakarta mengalami kenaikan 200 persen. Angka itu hampir menyamai besarnya kunjungan wisata saat musim liburan sebelum adanya pandemi.

”Ada beberapa faktor yang membuat Jogjakarta cepat pulih, antara lain jalur transportasi darat dan penerbangan makin baik. Selain itu, aktifvitas kampus mulai pulih. Ini merupakan peluang baik bagi siapapun yang ingin berinvestasi properti,” papar Chris yang juga Managing Director PT Indah Karya Indonesia (IKI).

Ia menjelaskan total hotel yang pernah dikelola hingga saat ini, enam hotel, dua restoran , satu laundry hotel dan satu Lembaga Pendidikan Perhotelan & Kapal Pesiar. Hotel yang ia kelola antara lain Villa Ndalem Limasan, Tembok Batu Residence, Yogya Kembali Hotel, Bifa Boutique Hotel, Villa Upala, dan Omah Putih Residence.

Related posts

Leave a Reply