Akun Penghina Jogja Dilaporkan ke Polda DIY

SLEMAN, SMJogja.com-Sempat membuat heboh dengan unggahan bernada menghina masyarakat Yogyakarta, pemilik akun Twitter Rina Yellow resmi dilaporkan ke polisi. Laporan dilayangkan oleh salah satu pegiat media sosial di Yogyakarta Muh Heri Suyono ke Polda DIY, Selasa (10/5) lalu.

Postingan yang dinilai meresahkan itu diunggah oleh akun Rina Yellow pada Minggu (8/5) pukul 15.16 WIB. Hingga saat ini, cuitan tersebut sudah mendapat lebih dari 2.000 komentar. Kepada wartawan, Heri berharap laporan ini bisa memberi pembelajaran agar lebih bijak dalam menggunakan medsos.

“Cuitannya sangat meresahkan dan menghina orang Jogja. Jika ujaran kebencian semacam itu dibiarkan dampaknya tidak baik,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi, Rabu (11/5), Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto membenarkan adanya laporan terhadap salah satu akun Twitter karena unggahan yang dianggap berbau sara. Saat ini, pihaknya tengah mempelajari konten tersebut. Kepolisian juga menggandeng ahli bahasa, dan pakar forensik cyber untuk menentukan dipenuhinya atau tidak unsur pelanggaran yang diatur di dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). 

Read More

“Saksi pelapor sudah kami periksa. Nantinya terhadap pihak terlapor juga akan dilakukan pemeriksaan,” kata Yuliyanto.

Dari pantauan, akun Rina Yellow sampai sekarang masih aktif. Penyidik juga sudah melakukan sejumlah upaya agar barang bukti tidak hilang. “Identitas terlapor sudah dicari tahu oleh penyidik berdasar riwayat akun pengunggah. Nanti kami akan sampaikan perkembangannya lebih lanjut,” tandasnya.

Related posts

Leave a Reply