Akuntansi UII Siap Mengisi Kebutuhan Konsultan SAP

JAKARTA, SMJogja.com – Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menggelar Systems Applications and Products (SAP) Partners and Alumni Gathering di Novotel Jakarta Mangga Dua Square, Jumat (9/12). Kegiatan yang didukung oleh SAP Indonesia ini, bertujuan untuk menjalin kerja sama antara UII dan SAP partner sekaligus mendekatkan lulusan Akuntansi UII dengan calon pengguna.

Untuk diketahui, SAP adalah sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang paling banyak digunakan oleh perusahaan internasional. UII sendiri merupakan salah satu dari tiga belas universitas di Indonesia yang bekerjasama dengan SAP melalui unit SAP University Alliances Program. Menurut Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro, saat ini kebutuhan akan SDM yang kompeten dan memahami SAP sangat tinggi. Tapi suplai di pasar masih teebatas sehingga HRD perusahaan partner harus berebut SDM di pasar.

Ketua panitia, Muamar Nur Kholid mengemukakan, Prodi Akuntansi UII dengan kompetensi lulusannya siap mengisi kebutuhan tersebut. Sejauh ini, lulusan yang memiliki kompetensi SAP telah tersebar di mayoritas perusahaan partner.

“Prodi Akuntansi UII dikenal oleh beberapa perusahaan konsultan SAP sebagai program studi yang produktif menghasilkan lulusan yang siap bekerja di bidang konsultan SAP. Beberapa mahasiswa berhasil lulus sertifikasi Internasional di bidang SAP, dan telah memenangkan kompetisi Internasional di bidang ERP-Sim dan MonsoonSIM,” terang Muamar melalui zoom, Jumat (9/12).

Read More

Sekretaris Prodi Akuntansi Program Sarjana UII ini menambahkan, guna mendukung implementasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Program Studi Akuntansi UII membutuhkan mitra dari kalangan industri. “Untuk mendukung pelaksanaan MBKM membutuhkan banyak partner industri,” tuturnya.

Dia menggarisbawahi, melalui kegiatan SAP Partners and Alumni Gathering diharapakan dapat mendekatkan dunia pendidikan dan industri melalui jalinan formal yang tertuang dalam MoU dan MoA. Melalui kegiatan ini juga dapat menjadi media untuk pempertemukan mahasiswa yang kompeten di bidang SAP dengan beberapa perusahan konsultan SAP, sehingga dapat mempercepat lulusan bekerja pada bidang kerja yang sesuai.

Tujuan lain dari kegiatan yang digelar kali ini adalah untuk mempermudah mahasiswa mendapatkan tempat magang untuk pelaksanaan tugas akhir. Selain itu, juga dapat mempertemukan mahasiswa yang kompeten di bidang SAP dengan alumni yang bekerja di bidang SAP, hal ini penting agar para mahasiswa mendapatkan gambaran yang jelas bagaimana dunia kerja di bidang SAP tersebut.

Saat ini terdapat sebelas SAP partner yang bekerja sama dengan UII. SAP partner tersebut yakni Wilmar Consultancy Services, Telkomsigma, Equine Global, Trimitra Sistem Solusindo, NTT Data Indonesia, SOLMAN Manunggal Informatika, Jasa Teknologi Informasi IBM, Eclectic Consulting, Astra Graphia Information Technology, Metrodata-Soltius Indonesia, dan Accenture.

“Jumlah SAP partner yang akan bekerja sama dengan UII masih akan bertambah, beberapa di antaranya belum dapat hadir secara langsung, dan beberapa lainnya masih dalam proses penyelesaian dokumen,” terangnya.

Pada penyelenggaraan partner gathering ini juga dilangsungkan penyerahan sertifikat internasional SAP oleh Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro kepada 35 mahasiswa akuntansi UII yang telah lulus modul SAP. Secara rinci penghargaan diberikan kepada 4 mahasiswa yang telah lulus modul SAP-Financial with SAP S_4HANA, 1 mahasiswa yang telah meyelesaikan modul SAP- Financial Accounting with SAP S_4HANA, 1 mahasiswa yang telah meyelesaikan modul SAP-ABAP with SAP Net Weafer 7.5, serta 29 mahasiswa yang telah menyelesaikan modul SAP-Business Process Integration with SAP S_4HANA.

Alumni gathering menjadi puncak kegiatan yang digelar pada malam harinya. Acara ini dihadiri lebih dari 150 alumni Program Studi S1 Akuntansi UII yang bekerja di bidang SAP di Jakarta. Harapan dari agenda ini menurut Muamar para alumni dapat berbagi pengalaman sekaligus memberikan masukan kepada para mahasiswa yang masih menempuh studi, serta dapat mendukung upaya continuos improvement kurikulum pada Program Studi Akuntansi UII. “Lebih dari 30 dosen Program Studi Akuntansi UII turut hadir sebagai bentuk dukungan pengembangan kurikulum program studi ke depan, tandasnya.

Related posts

Leave a Reply