Alfincent Jadi Perwakilan ASEACCU di Kamboja, Kunjungi Missionaries Charity Brothers

Alfincent Aprilino saat di Kamboja / ist

JOGJA, SMJogja.com – Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY), Alfincent Aprilino menjadi perwakilan pada acara The Association of Southeast and East Asian Catholic Colleges and Universities (ASEACCU) ke-28 di Kamboja.

Alfincent terpilih karena merupakan Mawapres UAJY 2021. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Mawapres 2021. Ia menuturkan ASEACCU yakni asosiasi universitas Katolik di Asia Tenggara dan Asia Timur yang bertujuan memajukan perguruan tinggi Katolik dan menjadi pendukung bagi gereja-gereja setempat.

”ASEACCU ke-28 di Kamboja membicarakan sejarah dan perjalanan negara itu dalam menghadapi tantangan terutama pada masa penjajahan. Peserta dari berbagai negara mempelajari monumen-monumen dan museum yang menjadi bukti sejarah,” ujarnya.

Beri Solusi

Read More

Ia menjelaskan ASEACCU bertujuan mahasiswa-mahasiswa dapat membantu memberikan saran yang dapat menjadi agen perubahan dalam berbagai hal. Dirinya dan peserta lain berkesempatan mengunjungi Missionaries Charity Brothers yaitu rumah bagi penyandang disabilitas fisik dan mental, panti jompo, serta HIV survivor.

Selama kunjungan, mahasiswa harus memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Mereka tidak sekadar berkunjung tapi juga menyampaikan poin-poin pemecahan masalah.

Selain itu, peserta melakukan penampilan seni budaya. Setiap negara menampilkan kekhasan masing-masing. Indonesia menampilkan permainan tradisional dan musik dangdut. Permainan tradisional yang ditampilkan yaitu domikado, cublak-cublak suweng, ular naga, ampar-ampar pisang.

Related posts

Leave a Reply