Anggito Abimanyu Berdakwah lewat Kumpulan Syair

SLEMAN, SMJogja.com – Bertempat di Gedung Teaching Industri Learning Centre (TILC) Sekip UGM, Jumat (14/10), Kepala Badan Pelaksana Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu meluncurkan buku berjudul Syair-Syair Cinta Tanpa Syarat. Peluncuran karya ini sekaligus menandai kembalinya sosok Anggito ke institusi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Beberapa tokoh tampak hadir dalam acara tersebut diantaranya mantan Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy, dan musisi kondang Singgih Sanjaya. Mereka hadir sekaligus memberikan pesan kesan atas karya syair ciptaan Anggito. 

Pada seremoni peluncuran itu ditampilkan pula sejumlah lagu Islami yang liriknya berasal dari syair tersebut. “Proses penyusunan seluruh karya ini membutuhkan waktu cukup lama, sekitar 10 tahun. Inspirasinya datang dari banyak hal seperti peristiwa maupun harapan tapi kebanyakan spontan,” tutur Anggito ditemui usai acara peluncuran.

Hasil kontemplasi itu dituangkannya dalam wujud 11 syair bernuansa cinta kepada Sang Pencipta. Bagi Anggito, sekumpulan syair religi ini merupakan salah satu caranya untuk menyebarkan dakwah. Hal itu setidaknya bisa ditilik dari judul karyanya yang tidak jauh dari unsur religi seperti Dzikir Bersama Merapi, Syukur Ilahi, Talbiyah di Langit Kabah, Menjemput Hidayah-Mu, dan Sujud di Raudah-Mu.

Read More

Dalam karyanya, dia menggambarkan bahwa cinta kepada Tuhan adalah cinta sejati tanpa syarat apapun. Sebelas syair Islami itu diaransemen dan dipertontonkan lewat orkestra ringan oleh sejumlah penyanyi ternama seperti Dira Sugandi, Brian Jikustik, Lucky Idol, Rafi Daeng, dan kelompok nasyid Snada.

Di lain sisi, kehadiran buku tersebut juga menjadi penanda kembalinya ia ke UGM. Sejak 1 Agustus 2022, Anggito dipercaya menjabat Ketua Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM.

“Saya memang sudah kembali ke UGM tapi masih akan menyelesaikan tugas di BPKH. Mudah-mudahan dalam satu dua minggu sudah ada pergantian pengurus meski secara administratif, saya sebenarnya sudah jadi pengurus di UGM,” tutupnya.

Related posts

Leave a Reply