Antisipasi Kera Turun Gunung, Tanam Pohon Jambu Merah

Siswa ikut menanam seribu bibit jambumerah di Gunung Butuhan, Gunungkidul / Agung PW

JOGJA, SMJogja.com – Di sejumlah tempat di Gunungkidul, seringkali kera turun gunung mencari makanan. Mereka tak jarang merusak tanaman warga yang menjadi salah satu pendukung ekonomi. Karena itu perlu langkah-langkah supaya kera yang turun gunung tak lagi merusak tanaman warga.

Salah satu ansitisipasinya, menanam jambu merah agar kelak menjadi makanan kera. Ketika tersedia makanan untuk hewan tersebut, mereka tak lagi mengarah tanaman warga. Langkah tersebut menjadi program bersama PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dan Pemkab Gunungkidul.

”Kami melakukan penghijauan dengan menanam 1.000 bibit pohon di kawasan Gunung Butuhan, Gunungkidul sebagai bagian mengurangi dampak dari pemanasan global,” ujar Kepala Kantor Wilayah II Semarang Gunawan Prayogo di sela-sela aksi penanaman.

Ikut melakukan aksi, siswa sekolah di daerah setempat. Ini sebagai upaya edukasi supaya anak-anak sejak dini memahami pentingnya penghijauan. Mereka tampak antusias menanam bibit jambu.

Read More

Konservasi Hayati

Seribu bibit pohon jambu biji merah menjadi bagian dari kawasan konservasi keanegaraman hayati bersama tanaman lain seperti sirsak, nangka, mahoni, jati, sengon/abasia dan lainnya. Pemilihan jambu merah sekaligus antisipasi kera ekor panjang yang sering turun ke pemukiman warga mencari makanan.

”Pohon jambu merah dapat memberi kemudahan bagi kera untuk mencari makan di kawasan Gunung Butuhan tanpa harus merusak tanaman penduduk,” imbuh Gunawan.

Kegiatan itu juga menandai perayaan ulang tahun ke-65, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang berusaha mewujudkan komitmen terhadap agenda SDGs. Perusahaan menargetkan penanaman 18.000 pohon berbagai jenis di banyak kawasan untuk menyelamatkan bumi.

Bupatu Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan Gunung Batuhan merupakan salah satu dataran paling tinggi yang menjadi sumber air bersih bagi kawasan lain. Adanya pohon-pohon jambu nantinya dapat memberikan jalur air bersih yang lebih banyak untuk kawasan sekitarnya.

Related posts

Leave a Reply