Awas Konten Berbahaya, Laporkan ke Situs Anti Konten Negatif

JOGJA, SMJogja.com – Isi media sosial sangat beragam, mulai hal-hal yang ringan hingga berbagai konten berbahaya. Masyarakat sebaiknya aktif memantau dan melaporkan konten negatif berbahaya yang sering muncul di media sosial.

Karena itu Center for Digital Society UGM mendorong masyarakat aktif dan kritis melihat konten media sosial. Mereka membuat situs web Anti Konten Negatif, https://antikontennegatif.id. Langkah ini merupakan upaya penangkalan konten berbahaya di media sosial. Inisiatif tersebut bagian dari program #SocialMedia4Peace CfDS dengan dukungan UNESCO dan Uni Eropa.

Peneliti CfDS, Paska Darmawan mengungkapkan melalui situs web Anti Konten Negatif masyarakat dapat melaporkan konten berbahaya yang mereka temui di media sosial. Masyarakat juga dapat membagikan pengalamannya yang berkaitan dengan konten berbahaya.

Ia mengatakan, merujuk data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (2019), terdapat lebih dari 430.000 laporan konten berbahaya. Laporan meliputi pornografi, pencemaran nama baik, mis-informasi, dis-informasi, ujaran kebencian, dan lainnya.

Read More

”Begitu beragamnya jenis konten dan mekanisme penanganan konten berbahaya. Masyarakat seringkali menghadapi kebingungan ketika ingin melaporkan konten berbahaya,” imbuh peneliti lainnya, Dr Novi Kurnia.

Langkah Mudah

Situs web Anti Konten Negatif memberi kemudahan bagi masyarakat dengan menyediakan informasi langkah-langkah pelaporan konten berbahaya. Ada banyak platform media sosial yang paling sering menjadi perhatian masyarakat, seperti Facebook, Twitter, Tiktok, Instagram, Youtube.

Novi menekankan situs web Anti Konten Negatif bukan berfungsi sebagai pengganti mekanisme pelaporan konten yang telah tersedia di media sosial. Namun sebagai wujud kolaborasi bersama antarpemangku kepentingan untuk saling bekerja sama dan memberikan masukan perbaikan ekosistem digital.

”Situs web tersebut merupakan tindak lanjut dari tinjauan legal terkait penanganan konten ilegal dan berbahaya di ruang digital. Hasil kajian mengisyaratkan ada celah yang perlu diperbaiki agar tercipta ruang media sosial yang aman,” tandasnya.

Situs Anti Konten Negatif dapat menciptakan pemahaman tentang dinamika dan dampak penyebaran konten berbahaya. Situs web tersebut berkomitmen uberperan sebagai salah satu bentuk pembangunan dunia maya yang damai dan inklusif.

Related posts

Leave a Reply