Banyak Dicari, Jahe Merah Jaga Stamina Tubuh

Warga dan mahasiswa KKN usai membuat sirup jahe merah / ist

JOGJA, SMJogja.com – Musim hujan sudah tiba, hampir tiap hari turun hujan dengan intensitas cukup tinggi. Cuaca seperti ini menuntut seseorang memiliki kondisi tubuh yang prima agar tidak mudah terserang penyakit.

Mahasiswa UNY menyarankan masyarakat mengkonsumsi jahe merah yang dapat menjaga stamina tubuh. Jahe merah (Zingiber officinale var. Rubrum) merupakan tanaman rimpang yang banyak terdapat di mana-mana.

”Jahe merah menjadi salah satu bahan bumbu masak sekaligus tanaman obat,” tutur Syarifah Nur Aini, mahasiswa UNY yang sedan KKN di Dukuh Jetak, Desa Tanjungan, Wedi, Klaten.

Ia bersama temannya, Shofia Dewi Fortuna, Prita Paramesti Cahyani, Lady Sandhita Larasati, Hayatun Nufus, Unaga Indera Djati, Wiki Alfazri dan Mohammad Imam Syafi’i menggelar program pemanfaatan jahe merah di Jetak.

Read More

Sirup Jahe

Mereka melakukan inovasi membuat sirup kesehatan dari jahe merah. Tanaman jahe banyak tumbuh di pedesaan dan belum dimanfaatkan secara maksimal.

Menurut Prita, jahe merah dapat meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan sistem pencernaan, meredakan nyeri otot dan sendi, mengatasi rematik, meredakan batuk, mencegah penyakit asma, hingga menurunkan kolesterol, dan sebagainya.

”Jahe merah terkenal memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan mencegah beragam penyakit. Air rebusan jahe merah mengandung protein, selulosa, minyak atsiri, dan vitamin C,” imbuhnya.

Selian jahe merah, mereka menambahkan rempah-rempah antara lain cengkih (Syzygium Aromaticum), kayu manis dan serai (Disambiguasi). Sirup jahe merah dengan tambahan rempah-rempah membuat minuman tersebut makin sedap.

Related posts

Leave a Reply