Bisnis Online Moncer, Pengiriman Barang Naik Dua Kali Lipat

Riders Ninja Xpress saat melakukan penjemputan paket / dok

YOGYAKARTA, SMJogja.com – Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman last-mile menutup tahun 2021 dengan peningkatan volume pengiriman barang meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Selain itu, pengiriman paket juga meningkat 4 kali lipat pada musim harbolnas dibandingkan dengan tahun 2020.

Lonjakan pengiriman yang signifikan selama musim festival belanja online yaitu Harbolnas pada 10.10 hingga 12.12 membuktikan musim belanja online masih menjadi momen yang diminati oleh seluruh konsumen yang berada di Indonesia. Andi Djoewarsa selaku CMO Ninja Xpress mengatakan, pencapaian impresif ini menjadi bukti bahwa para pelaku UKM tidak mau tunduk oleh pandemi dan pantang menyerah menghadapi tantangan.

“Kami ingin menunjukan komitmen untuk membantu pelaku UKM dalam memaksimalkan potensi bisnis yang mereka miliki sehingga mereka tidak perlu drama dalam mengirimkan barang,” katanya melaui rilis yang diterima SMJogja.com, Rabu (16/2).

Selama tahun 2021, Ninja Xpress rata-rata melakukan pengiriman sampai dengan satu juta paket setiap harinya. Pengiriman tersebut didominasi oleh kategori paket berukuran kecil (lebih dari 90 persen). Umumnya, barang yang dikirimkan berupa pakaian anak, pakaian olahraga, kosmetik, serta produk perawatan diri. Data ini sejalan dengan survei yang telah dilakukan oleh NielsenIQ Indonesia terkait Harbolnas 2021, dimana adanya peningkatan jumlah pelaku UKM dengan kategori produk lokal seperti fashion, kosmetik, dan perawatan diri yang memanfaatkan e-commerce dalam memasarkan produk.

Read More

Berdasarkan wilayah, pelaku UKM dengan daerah pengiriman terbanyak berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan DKI Jakarta yang masih menjadi tiga provinsi teratas sejak tahun 2020. Sedangkan untuk tujuan pengiriman terbanyak berada di Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur menggeser Jakarta dan Jawa Tengah dari posisi tiga provinsi teratas untuk tujuan pengiriman tahun sebelumnya.

Andi menambahkan, capaian pada tahun 2021 tidak terlepas dari berbagai inovasi layanan dan rangkaian program yang telah dilakukan. Pada awal tahun 2021, Ninja Xpress meluncurkan layanan terbaru untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penyelesaian masalah yang dialami oleh pelanggan atau konsumen akhir (end-consumer) melalui melalui peningkatan layanan konsumen (customer care) yang bebas repot.

“Layanan Customer Care akan memberikan respon cepat atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan maksimal 2×24 jam setiap hari,” jelasnya.

Selain itu, mengawali tahun 2022, pihaknya memperkuat komitmen untuk siap membantu UKM dengan menghadirkan Program Creative Business Solutions di Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Tasikmalaya, Garut, Kuningan, Malang, Pekalongan, dan Medan. Program ini mendukung UKM untuk terhubung dengan ekosistem berbasis teknologi dan digital dalam melakukan pengembangan ataupun pemasaran produk sehingga dapat memaksimalkan potensi bisnis di tengah tren digitalisasi.

Related posts

Leave a Reply