BNI Gelar Badminton Asia Junior Championships

JOGJA, SMJogja.com – Kejuaraan badminton internasional, BNI Badminton Asia Junior Championships 2023 bakal berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta, 7-16 Juli 2023. Adapun kelas pertandingan yakni nomor beregu campuran dengan format seperti Piala Sudirman yang diikuti 14 negara dan nomor perseorangan 15 negara.

Di nomor beregu campuran, 14 negara akan berpartisipasi yaitu Indonesia, Bangladesh, China, Chinese Taipei, Hong Kong China, India, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Pada nomor perorangan, 15 negara akan ikut ambil bagian yaitu, peserta dari 14 negara tersebut, plus Sri Lanka.

”Yogyakarta dipilih sebagai tempat penyelenggaraan karena kota ini memiliki sejarah panjang dengan melahirkan bibit pemain yang kemudian mampu mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia,” ungkap Ketua Panitia Penyelenggara, Armand Darmadji.

Read More

Kejuaraan juga untuk menggairahkan perbulutangkisan di Yogyakarta dan sekitarnya. Sebelumnya, pada tahun 2017, Yogyakarta menggelar Kejuaraan Dunia Junior serta International Series dan International Challenge pada 2022.

Ia menyebut tiga alasan utama Yogyakarta menjadi tuan rumah. Pertama, memiliki sejarah panjang dengan melahirkan bibit pemain yang kemudian mampu mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia.

Ada nama Finarsih, Tri Kusharjanto, Nunung Subandoro, Sigit Budiarto, Fransiska Ratnasari, Dionysius Hayom Rumbaka, Lisa Ayu Kusumawati, hingga Muhammad Rian Ardianto.

Tolok Ukur

Alasan kedua, antusiasme dan gairah masyarakat Yogyakarta cukup besar pada kejuaraan bulutangkis. Tahun lalu, berlangsung Indonesia International Series dan Indonesia International Challenge dengan animo penonton luar biasa.

Terakhir, Yogyakarta juga tidak asing dengan kejuaraan junior dengan level internasional.
Bagi Indonesia, kejuaraan ini begitu penting sebagai tolok ukur atau barometer untuk melihat level pembinaan pemain.

Selain itu juga bisa digunakan untuk berkaca dan melihat kualitas permainan bibit-bibit pemain junior Indonesia di level Asia.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan pihaknya merasa terhormat atas kesempatan berkontribusi pada BNI Badminton Asia Junior Championships 2023.

Hal ini merupakan wujud komitmen BNI untuk pengembangan atlet-atlet Indonesia. Harapannya, muncul prestasi-prestasi gemilang di kancah global sejak dini.

”Kejuaraan ini dapat menjadi batu loncatan bagi mereka untuk mencetak prestasi-prestasi gemilang di masa depan. Kami berkomitmen terus mendukung perkembangan bulutangkis Indonesia,” tandas Okki.

Related posts

Leave a Reply