Bursa Cawapres, Mahfud Peringkat Pertama

Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia Mohammad Anas RA memaparkan hasil survei cawapres / ist

JOGJA, SMJogja.com – Sejumlah nama mulai muncul dalam bursa calon wakil presiden pada pemilu 2024. Mahfud MD menduduki peringkat pertama yang paling populer, berikutnya Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar, LaNyala Mattaliti, Agus HY dan Moeldoko.

Hal itu terungkap dalam survei FIXPOLL Indonesia pada 9-16 Mei 2023 memperlihatkan tingginya sentimen masyarakat Jawa Timur yang menginginkan figur Jawa Timur maju sebagai cawapres sebesar 58,1 persen. Ada empat figur asal Jawa Timur yang potensial maju sebagai cawapres pada pilpres 2024, mereka adalah Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, Khofifah Indar Parawansa, dan LaNyalla Mattalitti.

Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia Mohammad Anas RA, mengatakan keempat figur asal Jatim tersebut memiliki tingkat popularitas yang tinggi di atas 50 persen. Mahfud MD berada di posisi pertama, 65 persen, Khofifah Indar Parawansa 59,7 persen, Muhaimin Iskandar 52,7 persen, LaNyalla Mattalitti 51,2 persen, Agus HY 39,6 persen, dan Moeldoko 29,1 persen.

”Dari segi kesukaan publik, keempatnya memiliki tingkat kesukaan yang cukup tinggi. Mahfud MD merupakan figur asal Jatim dengan tingkat kesukaan tertinggi 55,1 persen, Khofifah Indar Parawansa 44,2 persen, Muhaimin Iskandar 40,5 persen, LaNyalla Mattalitti 33,7 persen, Moeldoko 29,1 persen, dan Agus HY 22,1 persen,” papar Anas.

Read More

Peluang Bagus

Menurut Anas, keempatnya juga memiliki peluang yang bagus ketika dipasangkan sebagai cawapres dari tiga poros yang sudah mengemuka. Saat Mahfud disimulasikan sebagai cawapres Ganjar 24,7 persen, dengan Prabowo 27,7 persen, dengan Anies 21,1 persen.

Ketika Muhaimin disimulasikan sebagai cawapres Ganjar 21,3 persen, dengan Prabowo 17,1 persen, dengan Anies 13,7 persen. Ketika Khofifah disimulasikan sebagai cawapres Ganjar 14,6 persen, Prabowo 15,8 persen, Anies 16,3 persen. Ketika LaNyalla disimulasikan sebagai cawapres Ganjar 10,6 persen, Prabowo 10,8 persen, Anies 8,2 persen.

Hasil Survei FIXPOLL Indonesia juga menemukan adanya 20-25 persen masyarakat Jawa Timur belum menentukan pilihan dalam pilpres. Jumlah tersebut sangat mungkin akan berpindah ke capres tertentu bila capres tersebut menggandeng figur Jawa Timur sebagai cawapres.

Rilis Survei dilakukan di Hotel Tamarin, Menteng Jakarta Pusat (31/5/23) yang dihadiri sejumlah narasumber yaitu Jazilul Fawaid Wakil Ketua MPR RI/Fraksi PKB, Erico Sitorduga Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Agoes Purnomo Wakil Ketua Bidang Politik DPP PKS, Muhammad Qoyum Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu DPP PPP.

Related posts

Leave a Reply