Cari Sinyal di Perbukitan, Anggota Orari Blusukan

Peserta lomba mencari sinyal blusukan di objek wisata Kaliurang / Agung PW

JOGJA, SMJogja.com – Puluhan orang tersebar di berbagai lokasi di kawasan Kaliurang. Mereka seperti orang kebingungan, membawa tongkat atau antena, berjalan ke sana-sini, blusukan. Banyak orang tersenyum melihat tingkah mereka.

Namun jangan salah sangka, mereka merupakan anggota Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari). Wajar kalau seperti kebingungan karena mereka memang sedang mencari sinyal. Bukan sekadar mencari, mereka mengikuti lomba Fox Hunting sebagai bagian dari Musda VIII Orari Daerah DIY.

”Peserta lomba berasal dari seluruh Indonesia dan jumlahnya mencapai 92 orang. Mereka ikut lomba secara pribadi dan ada juga yang kelompok,” tutur Kooordinator Lomba Fox Hunting, Leonardus Susetyo Irianto.

Peserta sangat antusias ke Jogja mengikuti lomba. Ikatan solidaritas antaranggota memang sangat kuat dan mereka terbiasa blusukan apalagi ketika membantu saat ada bencana atau kegiatan lain.

Read More

Sinyal Tersembunyi

Sastro, panggilan akrab Leonardus, menjelaskan peserta mencari lima sinyal atau pemancar. Panitia menyembunyikan di kawasan Kaliurang dan peserta harus bisa menemukan dalam waktu terbatas, hanya tiga jam.

”Lomba terbagi dalam tiga kategori, usia di bawah 50 tahun, di atas 50 tahun dan perempuan. Peserta yang bisa memperoleh sinyal banyak dalam waktu singkat bakal juara. Lomba hari pertama individu dan hari berikutnya tim,” imbuhnya.

Tujuan lomba, mempererat persaudaraan sekaligus melatih dan mengasah ketrampilan peserta. Mereka harus terbiasa melacak sinyal karena ketika ada sinyal pengganggu, dengan cepat bisa mengetahui.

Related posts

Leave a Reply