Covid-19 Melonjak, UII Aktifkan Tempat Isolasi Terpusat

Rusunawa sebagai isoter UII / ist

JOGJA, SMJogja.com – Lonjakan Covid-19 di Indonesia, termasuk DIY membuat semua pihak berjaga-jaga dan melakukan antisipasi. Kampus terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) mengaktifkan kembali tempat isolasi terpusat Covid-19.

Langkah tersebut sebagai bentuk kepedulian dan kepekaan UII pada dinamika pandemi yang belum kunjung usai. Lokasi isoter berada di rumah susun mahasiswa sisi selatan kampus terpadu, Jalan Kaliurang Km 14,5, Jogja.

”Kampus menggandeng Pemerintah Kabupaten Sleman, RS JIH, RS UII, serta para donatur dalam mengelola isoter,” tutur Koordinator Isoter UII, dr Nur Aisyah Jamil MSc.

Ia mengatakan masyarakat Sleman, Jogja, dan sivitas UII yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan dapat mendaftar di sana. Mereka bisa menjalani isolasi diri di
isoter tanpa biaya alias gratis.

Read More

Fasilitas Lengkap

Asiyah menjelaskan fasilitas isoter cukup lengkap karena, berlantai empat dan mampu menampung 69 pasien. Setiap kamar tidur hanya berisi satu pasien sementara kamar mandi terpisah sesuai nomor masing-masing pasien.

Tenaga medis yang bertugas berasal dari RS JIH dan RS UII. Pihaknya juga berkoordinasi dengan PT Unisia Polifarma guna menjamin kebutuhan obat dan layanan pengantaran obat bagi pasien. Kampus menekankan kemandirian pada pengelolaan isoter.

”Pasien rujukan Puskesmas setempat akan menjalani isolasi selama minimal sepuluh hari dan atau dokter menyatakan layak usai menjalani isolasi. Apabila dalam masa isolasi, kondisinya menurun, isoter akan merujuk pasien ke RS rujukan Covid-19 untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” ujarnya.

Setelah selesai menjalani isolasi, pasien akan mendapat Surat Keterangan Selesai Isolasi. Pasien harus tetap mengikuti protokol kesehatan dan mematuhi instruksi pasca isolasi dari dokter. Isoter UII menyediakan call center 0821-3751-1944 dan laman situs web berikut https://www.uii.ac.id/isoter-covid-19/ bagi yang ingin isolasi di sana.

Related posts

Leave a Reply