Daun Jamblang Datang, Jerawat Hilang !

Tim UAJY peneliti daun jamblang untuk mengatasi jerawat / ist

JOGJA, SMJogja.com – Jerawat di muka membuat seseorang kurang rasa percaya dirinya apalagi kalau susah hilang. Namun jangan khawatir, kini ada terapi manjur untuk menghilangkan jerawat. Daun jamblang mampu mengatasi persoalan tersebut.

Mahasiswa Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTB UAJY) berusaha membantu penderita jerawat dengan membuat formula salep dari daun jamblang. Mereka, Pamela Felita Setiawan, Devi Alvina, Meisy, Jessica Rieko Subandriyo, dan Priska Kezia Paramitha yang berhasil lolos pendanaan PKM-Riset Eksakta tahun 2022.

Kelima mahasiswa mengajukan penelitian bertema ”Salep Ekstrak Daun Jamblang (Syzygium Cumini) sebagai Penghambat Bakteri Propionibacterium acnes Penyebab Jerawat”. Mereka mengembangkannya dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

”Kami pilih daun jamblang selain memiliki aktivitas anti bakteri dan beberapa senyawa lain, juga dapat menjadi obat alternatif jerawat yang bersifat alami. Indonesiasebagai negara tropis dengan paparan sinar matahari menyebabkan keringat dan produksi minyak berlebih yang dapat memicu timbulnya jerawat,” papar Pamela.

Read More

Bahan Penelitian

Jerawat paling sering terjadi pada remaja Indonesia berusia 15-18 tahun dengan prevalensi 80-85 persen sehingga topik ini sangat menarik. Tim mengangkat menjadi penelitian daun jamblang sebagai salah satu solusi mengatasi jerawat.

Pamela dan timnya mengawali dari Festival Kreativitas Mahasiswa (FKM). Persiapan mulai dari penggalian ide, pengembangan ide, penyusunan proposal dan lainnya mereka lakukan siang-malam sebagai persiapan menuju PKM 2022.

”Tim mempelajari tema secara mandiri dengan pendampingan dosen pembimbing untuk mendalami materi yang terdapat di dalam proposal supaya dapat tersampaikan kepada penilai dengan maksimal. Kami mendapat pendampiungan Stefani Santi Widhiastuti S Farm Apt M Biotech,” ujarnya.

Ia dan teman-temannya kemudian melakukan penelitian mengolah daun jamblang menjadi salep untuk mengatasi jerawat. Kandungan dalam daun tersebut mengandung mineral yang mampu menghambat bakteri penyebab jerawat sehingga aman untuk perawatan kulit. Mereka akan terus mengembangkan dengan melakukan penelitian lanjutan.

Related posts

Leave a Reply