DIY Targetkan Tambah 86.000 Wirausaha

SLEMAN, SMJogja.com – Merujuk data Bappenas, rasio kewirausahaan di DIY pada tahun 2021 tercatat 3,37 persen. Meskipun ini merupakan capaian yang tertinggi se-Jawa, namun angka itu belum sesuai target dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Oleh karena itu, Pemda DIY menargetkan capaian rasio bisa menyentuh level 3,85 persen sesuai target nasional. “Berdasar data BPS, angkatan kerja pada tahun 2022 sekitar 2,4 juta orang. Sehingga untuk mencapai target 3,85 persen, kira perlu meningkatkan sekitar 86 ribu pelaku usaha,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwie dalam acara workshop proyeksi dan strategi pengembangan bisnis di Hotel Grand Tjokro, Senin (17/10).

Dalam upaya mendongkrak rasio wirausaha sasarannya terutama kalangan usaha kelas kecil dan menengah. Pelaku UKM yang dinilai memiliki potensi tinggi akan didorong untuk berkembang menjadi wirausaha pemula. Salah satu strateginya melalui jalinan kerjasama dengan perguruan tinggi.

“Kita memiliki banyak perguruan tinggi, dimana dari hasil identifikasi jumlahnya ada 25. Itulah kekuatan kita yang diharapkan bisa saling mendukung,” ujarnya. 

Read More

DIY juga mempunyai sejumlah potensi yang bisa turut menyokong iklim wirausaha. Diantaranya indeks pembangunan manusia (IPM) yang tinggi bahkan menduduki peringkat dua nasional, dan ragam komunitas kreatif yang bisa dijadikan mitra. Ke depan, kemitraan bersama akan terus dibidik sebagai suatu peluang.

Pada kesempatan workshop ini, pemerintah bekerjasama dengan Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama (Ibisma) Universitas Islam Indonesia (UII). Program yang bertujuan meningkatkan kapasitas startup ini merupakan hibah dari Kementerian Koperasi dan UKM. 

Deputi Direktur Ibisma UII, Bagus Panuntun berharap setelah mengikuti rangkaian workshop ini, para startup bisa mandiri. “Manfaatkan ilmu yang diperoleh dari kegiatan ini untuk mengatasi tantangan,” katanya.

Dia mengungkapkan, selama ini banyak tantangan yang dihadapi startup mulai dari aspek keuangan, pengembangan produk hingga aspek bisnis. Setelah workshop direncanakan pula kegiatan demoday.

Related posts

Leave a Reply