Dosen UAJY Raih Hibah The Pulitzer Center

Gregoria Arum Yudarwati / ist

JOGJA, SMJogja.com – Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY), Gregoria Arum Yudarwati SIP MMktg Comm PhD, berhasil memperoleh Impact Seed Funding (ISF) dari Southeast Asia Journalist-Scientist Hub, the Pulitzer Center.

The Pulitzer Center adalah organisasi media berita berpusat di Amerika Serikat, yang mensponsori pelaporan independen terkait isu-isu global. Melalui Southeast Asia Journalist-Scientist Hub dan hibah Impact Seed Funding. Pulitzer Center bertujuan membangun kolaborasi antara para ilmuwan dan jurnalis untuk memberikan dampak di bidang pengetahuan dan meningkatkan kesadaran akan masalah lingkungan di Asia Tenggara.

”Bagi saya sebagai seorang peneliti, perlu untuk melihat perspektif komunikasi berkelanjutan dan isu lingkungan dari kacamata jurnalis. Saya ingin mengajak mahasiswa untuk memahami kompleksitas isu lingkungan yang biasanya hanya dilihat dari perspektif korporat,” papar Arum.

Peneliti Akademik

Read More

Impact Seed Funding diberikan kepada peneliti yang memiliki track records bidang akademik, mempunyai kolaborator yang merupakan jurnalis fellow dari Pulitzer Center, dan didukung oleh rekomendasi dari tiga pihak. Selain itu, peneliti harus memiliki program yang memberikan dampak dan menunjukkan kolaborasi antara dunia edukasi dan jurnalisme.

Arum menjalankan program-program bekerja sama dengan Rainforest Investigations Fellow Pulitzer Center, Bagja Hidayat, yang juga merupakan Redaktur Eksekutif Majalah Tempo, serta melibatkan dosen FISIP UAJY dan Lembaga Pers Mahasiswa Teras Pers. Nantinya, mahasiswa akan diajak untuk belajar jurnalisme investigasi lingkungan untuk menghasilkan liputan kolaborasi dengan Pulitzer Center fellow dari majalah Tempo.

Ada beberapa program yang akan menjadi hasil akhir melalui hibah tersebut. Hasilnya antara lain laporan riset terkait sustainability communication, kuliah umum dan diskusi dalam Forum Studi Komunikasi, serta workshop Lembaga Pers Mahasiswa Teras Pers FISIP UAJY.

Related posts

Leave a Reply