Festival Budaya Mlati Digelar Selama Sepekan

SLEMAN, SMJogja.com – Pemerintah Kapanewon Mlati, Sleman menggelar Festival Budaya selama sepekan penuh mulai 9 Oktober hingga 16 Oktober 2022. Festival yang diselenggarakan di Kantor Kapanewon Mlati ini dirangkai berbagai kegiatan dan pertunjukan budaya. Diantaranya jathilan, pameran keris dan tosan aji, macapat, ketoprak, pentas dalang cilik, sarasehan budaya, lomba sesorah geguritan, dan pagelaran wayang.

Para kalangan anak usia dini juga unjuk kebolehan lewat Gebyar PAUD saat sesi pembukaan. Sejumlah produk unggulan UMKM Kapanewon Mlati turut dipamerkan dalam festival tersebut. Rangkaian acara akan ditutup tanggal 16 Oktober dengan penampilan kirab budaya. 

“Kami melibatkan instansi pemerintah, swasta, organisasi masyarakat, dan seluruh stakeholder untuk berpartisipasi dalam acara ini,” kata Panewu Mlati, Arifin, Senin (10/10).

Dia menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini berlatar belakang ide sederhana untuk memberikan wadah kepada stakeholder dan masyarakat dalam upaya nguri-uri kebudayaan. Senada, Bupati Sleman Kustini Purnomo berharap kegiatan ini dapat menjadi wahana pelestarian seni budaya sekaligus peningkatan aktivitas perekonomian di Kapanewon Mlati

Read More

“Melalui aktivitas pelestarian budaya, semoga kedepannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kustini saat membuka festival. 

Lebih lanjut, pihaknya mendukung pengenalan budaya kepada anak usia dini serta menggugah rasa ketertarikan generasi penerus terhadap kekayaan seni dan budaya di Kabupaten Sleman. Tidak hanya agenda seputar budaya, festival ini juga diisi dialog kebangsaan, lomba kreasi anak, tembang nostalgia, pengajian dan sholawat kebangsaan, serta kampanye Germas.(J1)

Related posts

Leave a Reply