“Gemah Ripah Kerta Raharja”, Menjaga Hubungan Lingkungan dan Manusia

Pustakawan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Yohanes Siyamta / dok UAJY

JOGJA, SMJogja.com – Keseimbangan hubungan manusia dan alam menjadi fokus utama Yohanes Siyamta. Seniman budaya Jawa tersebut mewujudkannya dalam lagu bocah bertajuk ”Gemah Ripah Kerta Raharja”.

Ia yang juga pustakawan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) berhasil meraih Juara II dalam Lomba Cipta Lelagon Bocah. Lagunya menarik pada juri yang memberi penilaian dalam rangka Peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-216.

Setiap peringatan ulang tahun, Kadipaten Pakualaman selalu mengadakan beragam perlombaan. Tahun ini, pada HUT PA ke-216, panitia menggelar beberapa lomba tingkat nasional seperti Lomba Macapat, Lomba Literasi Aksara Jawa, Artikel Ilmiah, dan Lomba Cipta Lelagon Bocah.

”Saya ingin mencoba kemampuan mencipta syair dan lagu. Lomba Cipta Lelagon Bocah ini menjadi kesempatan pertama untuk mencipta syair dan lagu. Mencipta syair, puisi, dan tembang macapat, sudah terbiasa namun mencipta lagu belum pernah,” ungkap Siyamta.

Read More

Alam dan Manusia

Ia menceritakan persiapan mencipta lagu untuk lomba cukup cepat. Ia merasa heran karena prosesnya cepat, mulai dari membuat lagu dan melodi, syair. Kemudian menulis dalam bentuk partitur lagu berisikan notasi balok, notasi angka, dan syair, hingga merekam audio dalam kurun waktu tiga hari.

Kendati demikian, ia merasakan kendala dalam persiapannya. Ia belum pernah mengunduh aplikasi not balok pada komputer sehingga ada kesulitan dalam membuat partitur. Ia segera menghubungi panitia untuk membuat manual tulis tangan dan memperoleh izin.

”Partitur not angka, not balok lengkap dengan syairnya saya buat asli tulisan tangan, saya foto dan kirim ke panitia,” jelas Siyamta.

Karya berjudul ”Gemah Ripah Kerta Raharja” mengajak anak untuk rajin membersihkan alam sekitar, merawat halaman, memperhatikan sawah dan ladang. Juga menjaga alam agar tetap lestari dan dunia sejahtera. Inspirasinya sesuai dengan tema yaitu Keselarasan Manusia dengan Alam Semesta.

Related posts

Leave a Reply