Hadapi Erupsi Merapi, Siswa SD Belajar Mitigasi Bencana

Anak-anak SD belajar mitigasi bencana menghadapi letusan gunung dan gempa / ist

JOGJA, SMJogja.com – Status Gunung Merapi sangat fluktuatif. Ini menuntut warga sekitar untuk selalu waspada dan siap menghadapi erupsi. Bencana Merapi tahun 2006 dan 2010 menjadi pengalaman berharga. Karena itu, setiap saat mereka harus siap berhadapan dengan bencana.

Nah, salah satu hal penting yakni mitigasi bencana khususnya Gunung Merapi yang setiap saat isa erupsi. Mitigasi bencana merupakan segala upaya untuk mengurangi risiko bencana. Program mitigasi dapat dilakukan melalui pembangunan secara fisik maupun peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tergabung dalam UKM Madawirna berusaha meningkatkan kesiapsiagaan bencana bagi masyarakat sekitar Gunung Merapi. Mereka menggelar Sosialisasi Mitigasi Bencana kepada siswa Sekolah Dasar.

”Sosisalisasi Mitigasi Bencana berlangsung di SD Negeri Glagaharjo, Tegal Gading, Cangkringan, Sleman. Selain itu juga di SD Negeri Balerante, Kemalang, Klaten,” ujar Ketua UKM Madawirna Hasib Aldhian.

Read More

Ia dan teman-temannya menyampaikan materi umum mengenai bencana alam, simulasi peragaan gunung meletus, simulasi bencana gempa bumi dan simulasi respons bencana meletusnya gunung berapi.

Gunung Meletus

Anggota UKM Madawirna, Kukuh Aprilianto menjelaskan sosialisasi pertama di SD Negeri Glagaharjo tetang peragaan gunung meletus. Usai itu, berlanjut simulasi bencana gempa bumi. Hal ini untuk melihat dan meningkatkan respons anak-anak SD ketika terjadi bencana.

”Di SD Balerante, sosialisasi tahapan penyampaian materi sedikit berbeda dengan SDN Glagaharjo. Di Balerante tidak terdapat simulasi bencana gempa bumi, namun langsung simulasi bencana gunung meletus,” imbuhnya.

Ia berharap Sosialisasi Mitigasi Bencana, dapat meningkatkan kesadaran siswa SD yang berada di sekitar lereng Gunung Merapi. Mereka harus tetap waspada menghadapi potensi bencana seperti bencana gempa bumi, gunung meletus, dan bencana alam lainnya. Mitigasi bencana perlu ditanamkan sejak dini khususnya pada warga lereng Gunung Merapi.

Related posts

Leave a Reply