Harga BBM Naik, Gratiskan Bus Transjogja untuk Pelajar dan Mahasiswa

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana / Agung PW

JOGJA, SMJogja.com – Kenaikan harga BBM mengundang penolakan di berbagai daerah. Begitu pula di Jogjakarta. Namun demikian, ada satu solusi dari Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana. Ia minta Pemerintah tidak menarik ongkos penumpang bus Transjogja terutama pelajar dan mahasiswa.

”Jangan naikkan tarif Transjogja karena penggunanya sebagian besar masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah, pelajar dan mahasiswa. Jika tarifnya dinaikkan tentu akan menambah kesulitan mereka saat ini,” pinta Huda.

Menurutnya justru momentum ini harus diikuti perbaikan layanan terutama ketepatan waktu dan rute yang solutif bagi pengguna. Ia mendesak Pemerintah memberi fasilitas gratis khusus pelajar dan mahasiswa. Hal ini penting agar meringankan dan memudahkan mereka.

”Orientasi Transjogja bukanlah bisnis tetapi pelayanan apalagi operasional ditanggung APBD melalui penugasan kepada BUMD,” ujar anggota Dewan dari Fraksi PKS tersebut.

Read More

Solusi untuk Rakyat

Ia mengatakan perbaikan layanan dan penggratisan tarif untuk pelajar dan mahasiswa hanya berpengaruh sedikit pada pemasukan ke Pemda. Pasalnya hanya sekitar 30 persen pemasukan dari pelajar dan mahasiswa.

Biaya transportasi pelajar dan mahasiswa semakin mahal apabila menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Saatnya Pemerintah memberi layanan kepada mereka. Hal ini akan menjadi solusi membantu masyarakat sekaligus mengalihkan kebiasaan dari kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum.

”Secara teknis juga akan mudah, misal dengan membagikan kartu atau metode lain. Terkait anggaran untuk subsidi operasional saya kira bisa dibahas setelah efisiensi dilakukan dalam pengelolaan Transjogja,” tegasnya.

Related posts

Leave a Reply