Iqbal ”Dinosaurus”, Edukasi Anak-Anak Agar Mengenal Hewan Purba

Iqbal sedang mengelas salah satu karya hewan purbanya / Pelangi Karismakristi

PROSES pembuatan hewan purba cukup rumit dan memerlukan ketelitian. M Iqbal Firmansyah selaku pemilik Jagad Art Studio menuturkan, perlunya membuat rangka utama yang kuat. Setelah itu baru memasukkan mekanisme atau penggerak. Proses selanjutnya, pembungkusan kulit menggunakan busa sponati dan penyelesaian yakni pengecatan dengan cat campuran silikon. 

”Guratan kulitnya dari busa disayat-sayat menggunakan soldier panas. Lama pengerjaan beragam, bisa dua minggu sampai dua bulan tergantung kerumitan. Kalau sudah dipasang mekanisme, nanti ekor dino bisa gerak, kepala mulut juga bisa gerak,” tutur Iqbal sembari membuat goresan kulit dinosaurus.  

Kendati tak hobi mengkoleksi dan bukan penggemar dinosaurus, namun ia ingin mengenalkan hewan purba kepada anak-anak. Tujuannya tentu agar anak-anak mengetahui dinosaurus apalagi mereka memang menyukai dinosaurus. Buktinya, banyak mainan anak merupakan replika hewan purba tersebut.

Karya Iqbal sudah dikenal banyak orang. Tak jarang, ia mendapat pesanan dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat hingga Riau. Ada juga di Taman Dinosaurus Potorono dan tiga unit di kawasan Tugu Malioboro New Yogyakarta International Airport.

Read More

Belajar Mandiri

Iqbal menjual replika dinosaurusdengan harga beragam, mulai belasan sampai puluhan juta. Dalam sebulan, ia dan timnya bisa membuat tiga sampai lima unit. Ketika ditanya omzet, pemuda itu hanya tersenyum. Tapi paling tidak sudah bisa dibayangkan berapa pendapatannya dalam satu bulan.

”Motivasi saya selagi masih muda bisa bikin usaha sendiri, tidak bisa selalu mengandalkan orang tua. Harus mandiri, dan waktu itu tidak ada biaya kuliah jadi harus berusaha sekuat tenaga,” kenang lulusan SMK Muhammadiyah 3 Jurusan TKR tersebut.

Ia berharap karyanya bisa diterima masyarakat. Lebih dari itu, ia ingin karyanya bisa meramaikan dunia pariwisata Indonesia. Karena itu, ia terus mengembangkan model-model hewn purba dan menyempurnakan yang pernah dibuat.

”Semoga karya ini bisa bermanfaat untuk banyak orang, makin berkembang. Kami ingin terus berinovasi agar bisa meramaikan wisata Indonesia dan membuat masyarakat bangga dengan produk lokal karya anak bangsa,” tandas Iqbal.

Related posts

Leave a Reply