Jangan Asal Diet! Ini Ada Caranya

Dr Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih memaparkan cara diet yang sehat / ist

JOGJA, SMJogja.com – Diet atau menurunkan berat badan menjadi isu penting bagi mereka yang mengalami obesitas atau penyakit tertentu. Namun, tak banyak yang tahu ada aturan-aturan diet. Jangan asal diet karena dampaknya justru bisa berakibat fatal.

Pakar Gizi UGM, Dr Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih mengungkapkan diet yang baik yakni dengan pengaturan pola makan yang tetap serta memperhatikan prinsip gizi seimbang. Meski membatasi jumlah konsumsi makanan, tetapi makanan yang dikonsumsi harus memiliki kontribusi lengkap untuk sumber karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral.

Ia membagikan lima langkah utama mengikuti program diet. Pertama, melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Diet bersama olahraga akan membantu proses membakar kalori dalam tubuh. Olahraga pun ada aturannya, mengacu pada prinsip FITT yakni frekuensi, intensitas, tipe, dan durasi.

”Patikan setidaknya olahraga berlangsung tiga kali seminggu, dengan intensitas dan durasi yang sesuai dengan kondisi tubuh. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi seseorang,” tandasnya.

Read More

Batasi Gula

Langkah kedua, membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak agar diet bisa sukses. Adapun rekomendasi batasan asupan gula, garam, dan lemak per hari menurut Kemenkes sebanyak 4 sendok makan gula, 1 sendok teh garam, serta 5 sendok makan lemak. Ia menyarankan menghindari konsumsi gula, garam dan lemak.

Gula hampir ada disetiap makanan, garam banyak di makanan siap saji. Lemak banyak terdapat pada makanan gorengan.

Berikutnya, meningkatkan asupan buah dan sayur. Saat diet, seseorang harus mengontrol asupan kalori dari sumber karbohidrat sehingga konsumsi sayur dan buah perlu ditingkatkan untuk menutupi kekurangan kalori. Dengan begitu badan bisa tetap bugar dan optimal beraktivitas.

Keempat, membatasi asupan karbohidrat. Kebutuhan karbohidrat setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan, tingkat aktivitas, dan kebutuhan kalori harian. Pada umumnya, wanita membutuhkan kalori 1.900-2.100 kalori, sedangkan pria membutuhkan 2.100-2.400 kalori. Anjuran untuk mengkonsumsi karbohidrat orang dewasa sekitar 300 gram per hari.

Disiplin Diet

Langkah selanjutnya, berpuasa. Berpuasa bisa membantu menurunkan berat badan karena frekuensi makan menjadi lebih sedikit. Diet berpuasa ini juga dikenal dengan istilah intermitten fasting dengan mengurangi asupan kalori pada hari-hari tertentu.

”Puasa dapat dilakukan secara berkala atau selang-seling tergantung keinginan mereka yang menjalani diet,” imbuh Mirza.

Menurutnya dalam menjalankan program diet sebaiknya melalui konsultasi atau pendampingan dengan tenaga profesional. Pasalnya, program diet individu satu dengan individu lainnya tidak sama. Ia menekankan pentingnya disiplin diet. Banyak orang gagal karena tidak menjalankan program secara rutin.

Related posts

Leave a Reply