Jelang KTT G20, Pemprov Bali Kendalikan Sampah Plastik

Pemerintah Pusat dan Bali membahas soal sampah menjelang KTT G20 / ist

JOGJA, SMJogja.com – Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali, I Made Teja, mengungkapkan akan mengendalikan sampah plastik menjelang KTT G20. Gubernur Bali telah mengeluarkan Pergub No 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai.

Made Teja mengatakan saat ini pemerintah daerah sedang berusaha menegakkan aturan dan pengendalian plastik yang masuk ke Bali. Bahkan ia juga minta distributor plastik terlibat dalam pengendalian tersebut.

”Kami wajibkan distributor plastik mengurangi, dan melaporkan berapa plastik yang masuk ke Bali,” tandasnya.

Beri Kesempatan

Read More

Made Teja menambahkan, gubernur juga mempunyai kebijakan memberikan kesempatan lahan-lahan yang ada untuk menjadi Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST). Ia mengatahan lahan untuk TPST bisa milik pemerintaj maupun desat atau adat.

”Komitmen tersebut bukan hanya karena agenda G20, tapi juga keinginan untuk menjadikan seluruh kabupaten/kota di Bali menjadi daerah yang bersih,” tandasnya.

Menurutnya sudah ada 120 desa yang memberikan kesempatan dari 639 desa yang akan membangun TPST. Jumlah itu akan terus bertambah dan berkelanjutan. Jauh sebelum ada kegiatan KTT G20, sudah ada komitmen untuk mengatasi persoalan sampah.

Related posts

Leave a Reply