Jemput Bola Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

SLEMAN, SMJogja.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman membuka layanan jemput bola aktivasi identitas kependudukan digital. Layanan yang dimulai sejak bulan September ini terlebih dulu menyasar pegawai Disdukcapil dilanjutkan seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Sleman.

Program dilaksanakan secara bertahap hingga pada tahun 2023 menargetkan masyarakat umum. Selain di lingkungan pemerintah daerah, layanan ini juga dibuka di seluruh kapanewon.

“Layanan aktivasi identitas kependudukan ini merupakan salah satu upaya kami untuk mempercepat akses layanan publik,” terang Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sleman Endang Multasih, Kamis (29/9).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik Serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital. Dalam pasal 1 peraturan tersebut dijelaskan bahwa identitas kependudukan digital adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. 

Read More

“Adanya aplikasi Identitas Kependudukan Digital ini akan mempermudah masyarakat karena semua dokumen dapat diakses secara digital melalui gawai dengan barcode,” ujarnya.

Kehadiran layanan jemput bola itu disambut antusias oleh masyarakat. Siti Nurjanah (31), warga Tamanmartani berharap layanan tersebut bisa segera diakses oleh masyarakat luas. 

“Program aktivasi tentu akan memudahkan warga, namun saya harap keamanan data benar-benar terjamin. Saya rasa sebelumnya perlu disosialisasikan dulu agar publik paham tentang manfaat layanan tersebut,” katanya.

Related posts

Leave a Reply