Jogja VolksWagen Festival Bakal Dihelat di Candi Prambanan

SLEMAN, SMJogja.com – Event dua tahunan Jogja VolksWagen Festival (JVWF) bakal dihelat di Candi Prambanan tanggal 16-17 Juli 2022 mendatang. Perayaan besar itu tidak hanya merangkul pecinta otomotif saja, tapi juga banyak pihak seperti pelaku ekonomi kreatif, seniman, dan koletif di Yogyakarta.

Penyelenggaraan JVWF tahun ini dikemas lebih adaptif, dan dinamis. Adaptif karena mengusung konsep hybrid mengingat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai. Pengunjung pun disyaratkan sudah dua kali vaksin.

Dengan perkiraan jumlah pengunjung ribuan orang, kegiatan offline dirancang tidak hanya terkonsentrasi di satu titik. “Nanti acara akan terbagi dalam tujuh zona dengan batasan maksimal 150 orang di tiap zona,” kata Head Manager Volkswagen Club Yogyakarta Sumartoyo saat jumpa pers, Rabu (13/7).

Pameran secara offline akan memajang mobil VW berbagai tipe, dari klasik sampai kustom. Kolektor luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Australia, Eropa, dan Amerika bisa ikut menampilkan koleksinya dan dilihat lewat layar berukuran besar. Total ada 40 mobil yang tampil di screen dengan teknologi digital kamera 360.

Read More

Ada pula ajang kontes mobil VW bermacam tipe. Sementara untuk pameran online-nya, peserta wajib mengirimkan foto dan video mobil VW ke penyelenggara sesuai peraturan yang berlaku. Khusus untuk JVWF ke-5 ini akan diadakan juga kontes Rookie, yakni lomba untuk kelas builder pemula dan pemilik mobil Volkswagen yang belum pernah ikut kontes. Kontes ini memperebutkan Piala Wakil Gubernur DIY Paku Alam X.

“Selain 90 lebih mobil yang tampil, akan ada 40 rookie yang bertanding memperebutkan Piala Bergilir Paku Alam X. Ajang tersebut baru kali ini diadakan, semoga bisabsemakin menyemarakkan acara,” ujar salah satu penggagas JVWF, Tjahjo Widjojono.

Rangkaian kegiatan lainnya adalah bursa jual-beli part, merchandise, serta pernak-pernik otomotif. Momen ini juga dihelat secara virtual di mana pengunjung dari mancanegara dapat bertransaksi ke lapak virtual yang ada di JVWF 2022.

Digelar pula Karnaval Performer Art yang akan menampilan pembauran seni budaya yang diselaraskan dengan gelaran otomotif. Selain itu dihadirkan food truck dan foud court dengan sajian kuliner produksi pelaku usaha UMKM.

“Kami juga sudah menyiapkan doorprize bagi pengunjung berupa satu unit mobil VW Safari Mexico tahun 1976 berwarna biru. Mobil ini telah dimodifikasi sehingga sangat nyaman dikendarai,” tambah Sumartoyo.

Untuk masuk ke arena festival, pengunjung cukup membayar tiket Rp 75 ribu sudah termasuk tiket masuk ke Candi Prambanan dan kupon undian lucky draw.

Perhelatan ini juga dimeriahkan festival musik yang menampilkan sejumlah musisi ternama seperti Sheila On 7, Nameks, Ipang Lazuardi, Tipe X, King Masmus, dan Tony Q. Tiket JVWF Music Festival dibanderol kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 400 ribu.

Related posts