KAI Daop 6 Tingkatkan Kesiagaan Hadapi Musim Hujan

Petugas KAI Daop 6 mengecek kondisi lintasan kereta api / dok

YOGYAKARTA, SMJogja.com – Intensitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini menjadi perhatian khusus PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta. Menghadapi musim hujan, pengecekan lintasan terus diaktifkan baik dengan metode berjalan kaki dari satu stasiun ke stasiun lain, maupun dengan menggunakan kereta pemeriksaan khusus yang disebut dresin.

“Menjelang musim hujan, jajaran manajemen kami terus melakukan pengawasan secara aktif terhadap SDM, kondisi prasarana, dan berbagai aspek keselamatan di seluruh wilayah kerja,”  kata Manajer Humas KAI Daop 6, Franoto Wibowo, Rabu (2/11).

Lebih lanjut dia menjelaskan, pengecekan kondisi lintas secara berkala adalah upaya berkesinambungan untuk mengetahui berbagai risiko yang berkaitan dengan keselamatan perjalanan kereta api. Beberapa sarana yang dicek seperti kondisi rel, saluran air, dan pelayanan stasiun.

Pada musim hujan, Daop 6 juga menyiagakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di beberapa stasiun yaitu di Stasiun Wates, Stasiun Patukan, dan Stasiun Purwosari. Alat tersebut disiapkan untuk penanganan darurat berbagai kondisi. Selain itu, petugas juga akan melakukan pemantauan ekstra jika hujan turun dengan intesitas tinggi dan durasi lama. 

Read More

“Aspek keselamatan perjalanan kereta adalan hal utama dan sangat penting yang menjadi perhatian dan fokus operasional kereta api. Selain pemeriksaan oleh manajemen, secara rutin, setiap hari ada Petugas Pemeriksa Jalan (PPJ) yang bertugas memeriksa dan mengecek kondisi jalur kereta api,” tambahnya.

Secara operasional, perjalanan kereta api selalu dipantau di Pusat Pengendalian Operasi yang aktif selama 24 jam memonitor semua aspek. Dari pantauan terdapat setidaknya tiga daerah rawan longsor di lintas Solo-Semarang, yaitu petak jalan antara stasiun Goprak-Gundih, Goprak- Sumberlawang, dan Salem- Kaliyoso. 

Di titik-titik rawan longsor tersebut, KAI menempatkan penjaga yang siaga 24 jam. Sementara untuk lintas selatan, hasil monitoring sejauh ini terpantau aman.

Related posts

Leave a Reply