Kembangkan Produk Nusantara, Desainer Depok Kolaborasi dengan Perajin Batik Imogiri

Desainer Maryatie Dewi menggandeng perajin batik Imogiri, Bantul yang terkenal dengan kualitasnya yang bagus / Agung PW

JOGJA, SMJogja.com – Berbagai kain motif Nusantara tak kalah indah dengan motif-motif lain di dunia. Bahkan motif banyak negara asing yang mengagumi motif Indonesia karena kekayaan dan kekhasannya. Inilah yang menjadi fokus pengembangan desainer muda dari Kota Depok Jawa Barat, Maryatie Dewi.

”Kami selama ini menggunakan berbagai macam kain dan motif dari berbagai daerah di Indonesia serta mengembangkannya. Sekarang, kami menggandeng perajin batik tulis dari Giriloyo, Imogiri, Bantul untuk mewarnai karya – karya terbaru,” tutur Dewi ketika berada di Imogiri.

Ia menceritakan, sepanjang tahun 2022, menggunakan bahan dasar kain Nusantara. Kolaborasi dengan perajin batik Bantul merupakan salah satu upaya melestarikan budaya bangsa agar terus bertahan bahkan berkembang.

Kualitas Bagus

Read More

Batik Giriloyo, Imogiri, Bantul memang terkenal berkualitas bagus. Banyak orang langsung ke sana untuk memesanb maupun membeli di tempat. Wajar kalau Dewi, jauh-jauh dari Kota Depok Jawa Barat ingin berkolaborasi dengan perajin Giriloyo.

”Setelah melihat secara langsung proses produksi batik tulis dan batik lukis di batik Sidomukti Giriloyo Imogiri Bantul, kami segera putuskan untuk bekerja sama. Hasilnya bagus dan kualitas juga oke,” imbuh Dewi yang juga owner KhaFaNa Home, Sukamaju Baru, Tapos, Kota Depok Jawa Barat.

Ia menjalin kerja sama dengan salah satu perajin batik Sidomukti, Ahzar Muzaki. Menurutnya KhaFaNa yang khusus membuat baju-baju etnik menggunakan kain Nusantara Indonesia, seperti batik, songket, ulos maupun tenun sangat pas dengan karya-karya perajin Imogiri.

Related posts

Leave a Reply