Kopi Bebas Kafein, Rasakan Nikmatnya!

Warga Dukuh Karang Duwet, Mranggen, Jatinom, Klaten mengikuti pelatihan membuat kopi dari biji pepaya / ist

JOGJA, SMJogja.com – Kopi sedang menjadi minuman tren di Indonesia bahkan seluruh jagad. Sayangnya, banyak yang ingin ngopi tapi takut dengan kadar kafein karena berbagai alasan. Tapiā€¦jangan khawatir. Ini ada solusinya dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Ya, Frederico Yohanes Weruin yang sedang KKN di Dukuh Karang Duwet, Mranggen, Jatinom, Klaten meracik kopi bebas kafein. Kok bisa? Ia membuat kopi bukan dari biji kopi namun dari biji pepaya.

Buah pepaya tak asing bagi masyarakat. Buah ini gampang tumbuh di mana saja, manis dan segar rasanya. Selama ini hanya buah yang dimanfaatkan, tidak dengan isi atau bijinya. Nah, Frederico mencoba mengolahnya menjadi kopi, namanya, COPAS (COffee from PApaya Seed).

”Cara membuatnya mudah, cukup kumpulkan biji pepaya, nampan, wajan, blender, sendok makan dan sendok teh, saringan serta coffee bag,” tuturnya.

Read More

Proses Pembuatan

Prosesnya, kupas buah pepaya yang sudah matang lalu ambil biji yang berwarna kehitaman. Cuci biji pepaya hingga kulit luarnya terkelupas kemudian letakkan di atas nampan lalu jemur di bawah terik sinar matahari selama dua hingga tiga hari sampai kering.

Setelah itu, lakukan penyangraian dengan api kecil selama 10 menit hingga biji pepaya berwarna coklat kehitaman dan memiliki bau yang khas seperti bau kopi. Dinginkan biji pepaya di suhu ruangan selama 30 menit. Haluskan biji pepaya menggunakan blender atau ulekan kemudian disaring.

”Masukkan bubuk kopi biji pepaya ke dalam kantong filter agar ampasnya tidak ikut larut bersama ekstrak atau sarinya. Nah, kopi biji pepaya siap dinikmati, bisa ditambahkan madu atau gula bahkan jahe. Kopi ini herbal dan bebas kafein,” tandas mahasiswa Prodi Kimia FMIPA tersebut.

Related posts

Leave a Reply