Linda, Si Juragan Bucket Raih Predikat Wisudawan Terbaik UNTIDAR

Linda Timorita Hamzah / ist

LINDA Timorita Hamzah, mahasiswi S1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menjadi wisudawan terbaik pada Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya, Universitas Tidar ke-62 Tahun 2022. Mahasiswi kelahiran Cilacap, 31 Agustus 2000 ini mencatatkan IPK 3,93 dengan waktu kelulusan 3 tahun 9 bulan 29 hari.

Linda sempat terpikir untuk tidak meneruskan kuliah di UNTIDAR dan memilih masuk ke sekolah kedinasan, karena ingin langsung kerja setelah lulus kuliah. Namun, ternyata Linda tidak lolos seleksi dan akhirnya mantap untuk kuliah di UNTIDAR.

“Setelah mengetahui lolos SNMPTN di UNTIDAR saya masih berharap bisa lolos ke STAN. Namun ternyata tidak lolos seleksi. Sempat mau gapyear dan mengejar ke STAN di tahun berikutnya, namun tidak diijinkan Bapak dan tidak lolos seleksi untuk kedua kalinya. Memang takdir saya sepertinya harus di Pendidikan Biologi UNTIDAR,” katanya.

Anak pertama dari 3 bersaudara dari Bapak Aris dan Ibu Yuliati ini mengaku cocok dengan lingkungan UNTIDAR, khususnya Kota Magelang.

Read More

“Biaya hidupnya murah, lingkungan nyaman, dan teman-teman yang ramah membuat saya ‘kerasan’. Dosen Prodi Pendidikan Biologi juga alhamdulillah sangat mengayomi, terlebih angkatan saya adalah angkatan pertama Pendidikan Biologi,” ujarnya.

Dosen-dosen tidak hanya mendampingi dalam dunia perkuliahan saja, namun juga di bidang nonakademik dan organisasi, khususnya koordinator Prodi, Dr Setiyo Prajoko MPd.

“Selama dibimbing beliau saya bisa menjadi penerima pendanaan PMW universitas tahun 2019 dan 2020, KBMI 2020, KIBM 2020, ikut dalam program mahasiswa pertukaran pelajar permata sakti, menjadi asisten dosen, asisten penelitian dan pengabdian, sekretaris UKM, pemateri workshop, dan sebagainya,” tuturnya.

Merintis Usaha Buket

Mengandalkan Beasiswa Bidikmisi, sejak semester 5, Linda memutuskan untuk “survive” dengan mencari uang tambahan sendiri. Mengingat pekerjaan ayahnya yang hanya sebagai petani dan ibunya sebagai ibu rumah tangga serta masih mempunyai 2 adik yang perlu dibiayai sekolah, Linda mantap untuk berwirausaha.

Keputusan ini juga muncul setelah Linda mendapat pendanaan program wirausaha mahasiswa dengan produk Kaos dan Totebag. Walaupun usaha pertamanya ini kurang berjalan dengan baik, Linda berhasil memetik sebuah pelajaran, yaitu melihat potensi usaha yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitarnya, yaitu mahasiswa.

“Saat pendanaan produk saya waktu itu kaos dan totebag. Tapi karena produk ini kurang dibutuhkan sama mahasiswa dan harganya lumayan mahal, jadi usaha tidak bisa berkembang. Lalu muncul ide untuk membuat usaha buket,” lanjutnya.

Usaha buket yang berjalan selama 13 bulan ini telah memiliki omset Rp 6-12 jt per bulan. Buket yang dihasilkan bukan hanya buket bunga, namun bisa dikreasikan dengan berbagai macam barang sesuai pesanan pelanggan. Harganya pun beragam, buket snack mulai Rp 20 ribu, buket balon mulai Rp 50 ribu, buket bunga artificial mulai Rp 25 ribu, buket bunga edelweis mini mulai Rp 15 ribut, jasa buket uang mulai Rp 35 ribu, buket bunga asli mulai Rp 45 ribu, dan pigura 3D mulai Rp 30 ribu.

“Penghasilan bersih sekitar 3-4 juta rupiah, cukup untuk membiayai sewa kos, sewa toko, operasional toko, makan sehari-hari, berbagi profit dengan rekan usaha dan ditabung kalau ada sisa,” jelasnya.

Cita-cita Menjadi Dosen

Tanpa mengurangi semangatnya untuk terus mengembangkan usahanya, Linda juga menyimpan mimpi untuk menjadi seorang Dosen.

“Sambil melihat peluang, ke depannya bagaimana karena saya ingin melanjutkan studi, melalui PPG atau S2,” imbuh yang membagikan pesan, bahwa tetap semangat dan jangan pernah putus asa, karena kita akan bisa menjadi apa yang kita inginkan.

Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya UNTIDAR ke-62 Tahun 2022
Pelaksanaan Wisuda UNTIDAR ke-62 dilaksanakan secara luring di Gedung Kuliah Umum dr H Suparsono, Kampus Tuguran UNTIDAR, Sabtu (26/11).
Pada prosesi ini, UNTIDAR meluluskan 542 wisudawan, di mana 182 wisudawan mendapatkan predikat Cumlaude atau “Dengan Pujian”.

Pewisudaan terdiri dari 4 wisudawan dari Jenjang Pascasarjana (S2), 487 wisudawan dari Jenjang Sarjana (S1), dan 51 wisudawan dari jenjang Diploma (D3).

Related posts

Leave a Reply