Marsma Dedy Susanto Jabat Danlanud Adisutjipto

Upacara serah terima jabatan dari Marsma Azhar Aditama kepada Marsma Dedy Susanto dilaksanakan di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Selasa (24/1/2023) / dok


SLEMAN, SMJogja.com – Jabatan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Adisutjipto kini diemban oleh Marsma Dedy Susanto. Upacara serah terima jabatan dari Marsma Azhar Aditama kepada Marsma Dedy Susanto dilaksanakan di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Selasa (24/1).


Dedy Susanto sebelumnya menjabat Komandan Komando Sektor II Koopsud II. Lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1995 itu juga pernah memegang amanah sebagai Direktur Pendidikan AAU. Sementara itu, Azhar Aditama akan mengemban tugas baru sebagai Direktur Doktrin Kodiklatau di Jakarta.


Dalam sambutan upacara serah terima, Komandan Kodiklatau, Marsekal Madya Tedi Rizalihadi mengatakan, seiring perkembangan lingkungan strategis yang kian kompleks, TNI AU dituntut untuk adaptif terhadap berbagai perubahan. Langkah adaptasi dibutuhkan demi mewujudkan keunggulan kompetitif di tengah persaingan global.


“Tuntutan itu dapat kita jawab melalui penyiapan generasi penerus yang tangguh menghadapi tantangan dan perubahan zaman. Untuk itulah serah terima jabatan ini dilaksanakan guna terus beradaptasi dengan tantangan tugas, serta memenuhi kebutuhan organisasi TNI AU,” kata Tedi.

Read More


Dia melanjutkan, Lanud Adisutjipto sebagai satuan pelaksana Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AU memiliki beberapa tugas. Diantaranya melaksanakan pembinaan dan pengoperasian pendidikan seluruh satuan dalam jajarannya, pembinaan Jupiter Aerobatic Team (JAT), pembinaan pendidikan awak PTTA dan minat kedirgantaraan, serta mendukung kegiatan operasi udara.


Karena itu, Danlanud memiliki peran yang krusial dan sangat menentukan dalam membentuk dan mendidik calon-calon penerbang maupun navigator. Dibutuhkan sosok komandan yang memiliki karakter kepemimpinan dan keteladanan yang inspiratif dan inovatif.


“Saya ucapkan penghargaan kepada Marsma Azhar Aditama yang telah berhasil melaksanakan tugas-tugas tersebut. Marsekal juga dapat mempertahankan zero accident di Lanud Adisutjipto,” ujar Tedi.


Kepada Danlanud yang baru, dia berpesan agar terus menjaga hubungan baik dengan Forkopimda DIY dan stake holder lainnya, serta mempertahankan zero accident di Adisutjipto.

Related posts

Leave a Reply