Masyarakat Adat Dayak Beri Dukungan IKN, Siap Kawal dan Terlibat Proses Pembangunannya

Presiden MADN Marthin Billa dukung IKN / ist

BALIKPAPAN, SMJogja.com – Masyarakat Adat Suku Dayak menyatakan dukungannya secara penuh pada pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Tak hanya itu, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyampaikan masyarakat di Kalimantan secara luas juga mendukung pemindahan IKN.

Isran Noor menegaskannya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 1 Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Tahun 2022 di depan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian di Hotel Novotel Balikpapan, Kaltim, Kamis (13/10/2022).

”Pemindahan IKN merupakan kebutuhan seluruh elemen bangsa. Karenanya, pemindahan IKN tak hanya menguntungkan bagi masyarakat yang berada di Pulau Kalimantan tetapi menjadi kepentingan dan kebutuhan bersama,” tandas Isran dalam rilis Puspen Kemendagri.

Kawal IKN

Read More

Menurutnya persoalan pemindahan IKN bukan hanya untuk pengembangan ekonomi dan pemerataan pembangunan. Ia menegaskan, sudah saatnya IKN berada di Pulau Kalimantan yang disebut para ahli sebagai tanah yang subur dan minim risiko bencana.

”Hati saya kesal juga, ada tokoh yang gak suka dipindahkan, alasannya cetek-cetek, urusannya ekonomi, urusannya keuangan, kecil,” ujarnya.

Presiden MADN Marthin Billa mengatakan, Rakernas merupakan kali pertama digelar. Selain merumuskan program dan evaluasi, Rakernas juga untuk menyatakan dukungan pemindahan IKN. Ia menyatakan Masyarakat Dayak Kalimantan dan masyarakat Kalimantan umumnya membuktikan siap mengawal danterlibat pembangunan IKN.

Related posts

Leave a Reply