Membangun Keterlibatan Orang Tua, SDK Sorowajan Gelar “Parents Participation”

Anak-anak berlatih membuat salad buah bersama orang tua dan guru / ist

BANTUL, SMJogja.com – Pendidikan bukan hanya tanggung jawaab sekolah, orangtua sangat berperan dalam proses tersebut. Karena itulah, dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2022, SD Kanisius Sorowajan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar “Parents Participation”, Kamis (24/11/2022). Salah satu acaranya mengenalkan makanan sehat pada anak dalam cooking class.

Ketua Komite Sekolah SDK Sorowajan, Ignatius Bayu Adji menuturkan kegiatan tersebut mengedukasi anak tentang cara membuat makanan, alat-alat yang digunakan, kandungan bahan-bahan, serta keuntungan makanan sehat.

Selain itu, anak jadi lebih menghargai ortu dalam hal menyiapkan makanan mulai dari membeli bahan, memasak, sampai membereskan alat. Orang tua juga terlibat dalam proses sehingga mereka bisa merasakan menjadi guru.

”Dengan mengikuti kegiatan, orang tua ikut merasakan menjadi seorang guru serta memiliki pemahaman bersama bahwa tanggung jawab pendidikan anak tidak semata-mata kewajiban sekolah,” tandas Bayu Aji.

Read More

Beri Apresiasi

Ia mengapresiasi orang tua, anak-anak serta para guru yang memberikan pengalaman pembelajaran yang berbeda di sekolah. Mereka terlibat aktif dan guyub melakukan kegiatan bersama-sama.

Oang tua kelas 3A yang bertugas cooking class, Yovita Astri menuturkan bahwa anak-anak diajari membuat salad buah ala Western Salad. Mereka menjadi mengetahui kandungan dan manfaat buah. Bagi yang tidak suka buah tetap harus mencoba sedikit agar tahu rasanya buah.

”Anak-anak juga mengenal Indonesia Salad yakni lotek, gado-gado, kupat tahu, ketoprak, acar, rujak dan pecel,” tutur Yovita.

Tak hanya berhenti di cooking class, mereka juga menggelar market day, menjual makanan sehat bagi siswa. Juga ada sesi kegiatan bebas antara orangtua dan anak di kelas masing-masing.

Kepala SDK Sorowajan, Anna Maria Wahyuni mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ”Parents Participation” dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2022. Kegitan berjalan lancar karena peran serta dari kolaborasi antara Komite Sekolah, POMG, para guru dan siswa yang terjalin sangat baik.

Related posts

Leave a Reply