Merti Kali Bedog, Ratusan Benih Ikan Dilepas

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menebar benih ikan saat kegiatan merti Kali Bedog di Gamping, Minggu (2/10/2022) / dok

SLEMAN, SMJogja.com – Masyarakat Dusun Kradenan, Kalurahan Banyuraden, Gamping, Sleman menggelar merti kali Bedog, Minggu (2/10). Acara ini dipusatkan di Studio Banjarmili dengan dihadiri Bupati dan beberapa pejabat lainnya.

Mengawali kegiatan, Bupati didampingi Panewu Gamping dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup melakukan penyebaran ratusan benih ikan di sepanjang aliran Sungai Bedog. “Merti kali ini merupakan wujud kearifan masyarakat dalam upaya restorasi dan pelestarian sungai. Warga turut dilibatkan secara langsung,” kata Panewu Gamping, Sarjono.

Merti Kali Bedog diisi beberapa kegiatan diantaranya sarasehan dan bersih-bersih sungai secara gotong-royong oleh masyarakat maupun ASN lingkungan Kapanewon Gamping. Tindakan nyata pelestarian sungai tidak hanya berhenti pada kegiatan tersebut. Sarjono menegaskan, setelah ini upaya menjaga dan melestarikan lingkungan sungai akan kembali diaktifkan dengan modal semangat gotong-royong masyarakat. Dengan begitu diharapkan kesadaran warga bisa tumbuh.

Sepakat dengan hal itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meminta agenda merti kali dapat diselenggarakan secara rutin mengingat Sleman memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk aspek ketersediaan sumber air.

Read More

“Sumber air yang kita miliki banyak manfaatnya, selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga menjadi daya dukung utama dalam pelestarian ekosistem dan habitat di sekitarnya,” katanya.

Ditambahkan, penyelenggaraan merti kali tidak hanya dalam rangka menjaga kebersihan sungai, tapi juga menjadi wahana dalam pelestarian budaya yang didalamnya sarat nilai kearifan lokal. Acara tersebut adalah wujud rasa syukur masyarakat tehadap anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas ketersediaan sumber daya alam. 

“Saya berharap kegiatan merti kali juga diikuti dengan komitmen seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang mengganggu dan merusak kali dan lingkungan,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply