Mulai Membaik, Kunjungan Wisman Naik

Kepala BPS DIY, Sugeng Arianto MSi / ist

JOGJA, SMJogja.com – Situasi mulai membaik, berbagai sektor menunjukkan kehidupan seperti sebelum pandemi Covid-19. Di sektor pariwisata, pada bulan Juli 2022, tercatat 809 kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY melalui YIA Kulonprogo. Begitu pula Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang pada Juli 2022 berada pada angka 62,17 persen dan hotel non bintang sebesar 24,88 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik DIY, Sugeng Arianto MSi mengungkapkan hal itu ketika menjelaskan kondisi pariwisata yang mulai menggeliat. Lebih lanjut ia menjelaskan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY pada Juli 2022 mengalami kenaikan 119,24 persen dibandingkan Juni 2022, yaitu dari 369 kunjungan menjadi 809 kunjungan.

”Secara umum, pola kedatangan wisatawan mancanegara pada tahun 2020 dan 2021 sedikit berbeda. Pada tahun awal tahun 2020, tingkat kedatangan sempat mencapai lebih dari 8.000 kunjungan. Namun, sejak terjadinya pandemi Covid-19, merosot,” papar Sugeng.

Tercatat, sejak Maret 2020 kunjungan wisman mengalami penurunan, bahkan mencapai titik terendah pada bulan April, Mei, Juli hingga Desember 2020. Kondisi tersebut berlanjut sampai dengan penghujung tahun 2021, kunjungan wisman tercatat nihil.

Read More

Mulai Terlihat

Memasuki bulan keempat tahun 2022, pergerakan kunjungan wisawawan mancanegara mulai terlihat. Tercatat 35 wisatawan mancanegara masuk melalui Bandara Internasional Yogyakarta. Bahkan pada Mei jumlah kunjungan naik lebih dari tujuh kali lipat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

”Tren kenaikan kembali tercatat pada Juli dengan jumlah kunjungan sebanyak 809 orang wisatawan mancanegara atau mengalami kenaikan lebih dari dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya,” tandasnya.

Sugeng menambahkan sepuluh negara asal wisatawan mancanegara yang mendominasi kunjungan ke pada periode Januari hingga Juli 2022 yaitu Malaysia, Belanda, Perancis, Spanyol, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Italia, Kanada, dan Singapura.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari sepuluh negara tersebut mencapai 80,52 persen dari jumlah seluruh kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY selama Januari hingga Juli 2022.

Mengenai lama menginap, ia menuturkan secara umum, rata-rata lama menginap tamu asing lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata lama menginap tamu Indonesia, yaitu masing-masing 2,45 hari dan 1,49 hari. Ia berharap situasi akan terus membaik sehingga seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat DIY pulih kembali.

Related posts

Leave a Reply