Para Penggemar Happy, UGM Gelar Kontes Liga Fancy Guppy

Juri menilai pada kontes ikan guppy / ist

JOGJA, SMJogja.com – Penggemar ikan hias bergembira, happy. Bagaimana tidak, lama kosong ajang silaturahmi akibat pandemi Covid-19, kini UGM memfasilitasi dengan menggelar kontes. Keluarga Mahasiswa Ilmu Perikanan (KMIP) dan Kelompok Studi Ikan Hias dan Aquaspace (IHA) UGM menggelar Kontes Liga Fancy Guppy Nasional.

Kontes berlangsung di Pendapa Manggala Parasamya II, Komplek Pemkab Bantul. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Fisheries Week UGM 2022 yang berkolaborasi dengan Komunitas Bantul Fancy Guppy (BFG). Kontes juga sebagai pembuka Liga Fancy Guppy Nasional.

Presiden Fancy Guppy Indonesia, Rularto Al-Khalifi mengungkapkan kontes sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional dengan optimalisasi sektor perikanan di era pandemi Covid-19. Pada tahun 2022, kontes ikan guppy dengan konsep liga adalah yang pertama di Indonesia. Kelak dalam setahun ada 10 putaran kontes.

”Kontes Liga Fancy Guppy teman-teman Perikanan UGM dan BFG menjadi pembuka atau putaran pertama Liga Fancy Guppy Nasional 2022. Selanjutnya adak terus bergulir hingga putaran ke-10,” ujar Rularto.

Read More

Penilaian Internasional

Sistem penilaian kontes menggunakan Fancy Indonesia Scoring System (FISS) sesuai dengan sistem penilaian internasional. Adapun jumlah kelas kontes sebanyak 24 yang terbagi dalam empat kategori yaitu Delta Tail Class, Middle Delta Tail Class, Juve Delta Tail Class, dan kelas bebas.

Di sela-sela kontes, ada talkshow sebagai bentuk interaksi antara penyelenggara, juri, peserta, dan pengunjung. Talkshow merupakan pengenalan Fancy Guppy Indonesia, Liga Guppy Indonesia, dan Fisheries Week. Narasumber dari Fancy Guppy Indonesia, Panitia Liga Guppy Nasional 2022, dan Panitia Fisheries Week.

Selain Kontes Liga Guppy Nasional, pada Fisheries Week UGM 2022, KMIP UGM juga menyelenggarakan National Essay Competition, Seminar Perikanan, dan Pasar Rakyat. Seluruh peserta menjalani kegiatan dengan protokol kesehatan secara ketat.

Related posts

Leave a Reply