Parijoto dan Daun Salak, Jadi Motif Peragaan Busana

Motif lokal menjadi ciri khas karya siswa SMKN2 Godean / Agung PW

JOGJA, SMJogja.com – Tanaman parijoto banyak manfaat, buahnya bisa menjadi penurun kolesterol. Tak hanya manafaat bagi kesehatan, ada kegunaan lain yakni menjadi motif batik. Bahkan para perajin batik Sleman menjadikan tanaman itu sebagai motif khas lokal.

Tanaman khas lokal lain yang terkenal di Sleman yakni salak. Ternyata daun salak juga menjadi motif batik khas daerah tersebut. Di tangan siswa SMK Negeri 2 Godean Sleman, kedua tanaman tersebut menjadi motif khas dalam peragaan busana karya mereka di Atrium Shinta, Sleman City Hall.

Mereka memamerkan karya di depan publik sekaligus menunjukkan keindahan motif-motif khas lokal. Ada empat tema busana dalam peragaan tersebut yakni busana kebaya, pesta, futuristik dan busana muslim.

”Siswa jurusan tata rias juga menggelar karya menyesuaikan dengan tema, termasuk pemilihan aksesorisnya. Kami sengaja menggelar di tempat umum seperti di mall agar masyarakat bisa melihat hasil karya siswa SMK yang bagus-bagus,” tutur Kepala Sekolah SMKN 2 Godean, Dra Theresia Susilorini MPd.

Read More

Sekolah Unggulan

”Sekolah kami merupakan salah satu SMK unggulan di Sleman yang senantiasa meningkatkan kualitas lulusannya supaya benar-benar siap memasuki dunia kerja,” ujar Theresia.

Ia menjelaskan peragaan busana dalam rangka gelar karya tugas akhir siswa kelas XII, program keahlian tata busana dan kecantikan. Setiap siswa wajib menampilkan karyanya. Siswa program keahlian tata busana membuat rancangan busana, sedangkan program keahlian kecantikan mempraktikkan tata rias menyesuaikan dengan karya busana yang tampil.

”Saya mencoba merancang busana kerja yang memasukkan unsur motif batik khas Sleman yaitu parijoto dan daun salak. Keduanya saya kombinasikan dengan lurik, hasilnya tampak anggun dan elegan tanpa meninggalakan kekhasan daerah,” tutur siswa Program Keahlian Tata Busana, Surya Dewi Chandra.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi peragaan busana tersebut. Menurutnya hal itu menjadi kesempatan baik bagi siswa menunjukkan karya. Ia berharap para siswa semakin inovatif dengan karya-karya yang kreatif.

Related posts

Leave a Reply