Pariwisata Bangkit Kembali, Jogja Mulai Ramai Turis Asing

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo SH MEd menyampaikan kebangkitan industri pariwisata / Agung PW

JOGJA, SMJogja.com – Kebangkitan pariwisata mulai terasa setelah lebih dua tahun kena dampak pandemi Covid-19. Wisatawan manca negara terlihat hilir-mudik di berbagai ruas jalan dan destinasi wisata. Kondisi ini membuat dunia pariwisata bergairah kembali.

Dinas Pariwisata DIY melihat peluang tersebut dan menggelar Jogja International Travel Mart (JITM) 2022. Kegiatan sudah berjalan 13 kali, sekarang berlangsung pada 12-15 September 2022 di Hotel Royal Ambarukmo Jogjakarta.

”Kegiatan JITM terselenggara atas kerja sama Dinas, ASITA dan PHRI secara luring setelah dua tahun sebelumnya berlangsung secara hybrid. Ini tentu menggembirakan karena respons pelaku wisata luar biasa, begitu pula yang dari manca negara,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo SH MEd.

Pulih Cepat

Read More

Ia menjelaskan tema JITM tahun ini ”Stronger Recovery of Tourism” yang mengandung harapan dan optimisme kepariwisataan DIY akan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Terbukti kunjungan lokal dan asing mulai terlihat terutama di akhir pekan dan hari-hari libur.

Sebanyak 50 buyer yang berasal dari negara-negara Eropa, Asia dan Amerika seperti Perancis, Spanyol, Malaysia, Singapura, Thailand, India juga Kanada hadir. Sementara itu seller sejumlah 60 berasal dari DIY dan sekitarnya. Mereka dari travel agent, hotel dan juga destinasi wisata dan perusahan.

”Para buyer dan seller bertemu secara langsung, mengadakan pertemuan dan transaksi bisnis yang dapat memberikan prospek cerah, mengembalikan geliat pariwisata Jogjakarta. Prospek transaksi dari pertemuan buyer dan seller kami targetkan sebesar Rp 50 miliar,” imbuh Singgih.

Related posts

Leave a Reply