Pedagang Pasar Balkon Laris, Balkonjazz Bangkitkan Ekonomi Warga

Pedagang Pasar Balkon menyiapkan stok camilan untuk ribuan pengunjung Balkonjazz / ist

MAGELANG, SMJogja.com – Pentas musik bergengsi di kawasan Borobudur, Magelang, Balkonjazz Festival 2022 menjadi penanda bangkitnya kesenian yang sempat kosong selama pandemi Covid-19. Tak hanya itu, kegiatan tersebut sekaligus merupakan simbol kebangkitan ekonomi rakyat yang juga dua tahun menukik tajam.

Balkonjazz Festival 2022 berlangsung di Balkondes PGN Karangrejo Borobudur, Magelang. Masyarakat pecinta musik sangat antusias menyaksikannya. Mereka sudah berdatangan ke lokasi. Dampaknya, warga merasa sangat bersyukur karena Balkonjazz menjadikan perekonomian setempat bergairah kembali.

Selama Balkonjazz, warga memperoleh kesempatan berjualan di gerai-gerai yang sudah tertata di sekitar lokasi festival, Pasar Balkon. Penempatan ini membuat pengunjung mudah membeli berbagai suvenir, makana ringan, khas produk warga lokal. Mereka berusaha memberikan yang terbaik untuk para pengunjung.

”Setelah dua tahun pandemi, baru sekarang terasa gayeng berkat Balkonjazz,” tutur seorang pedagang makanan ringan, Hartati.

Read More

Siapkan Stok

Perempuan berusia 56 tahun itu menjajankan aneka keripik produksinya berlabel “Eco”. Selain itu, ia juga menjual empat jenis keripik yakni peyek kacang, peyek kacang hijau, keripik bayam dan keripik tempe. Ia mengemas dalam ukuran 500 gram supaya pembeli tidak kesulitan membawanya.

Ia menuturkan jajanan favorit pengunjung adalah peyek kacang. Pada ajang Balkonjazz, ia menyiapkan stok 100 kilogram. Padahal biasanya, ia hanya menyediakan 10 kilogram. Pasalnya, pengunjung Balkonjazz dari berbagai daerah seluruh Indonesia.

Pedagang lainnya, Mukiban, juga mempersiapkan banyak stok untuk acara tersebut. Ia mendengar jumlah pengunjung bisa mencapai ribuan sehingga jauh-jauh hari sudah mempersiapkan dagangan. Ia membuat keripik ”Jet Kolet” yang berbahan dasar ketela.

Related posts

Leave a Reply