Pemkab Sleman Kembali Raih Penghargaan JDIHN

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menerima penghargaan JDIHN 2022 dari Menteri Hukum dan RI Yasonna Laoly di Jakarta, Selasa (18/10) / dok

SLEMAN, SMJogja.com – Pemerintah Kabupaten Sleman meraih penghargaan pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) tingkat nasional tahun 2022 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan Ham RI, Yasonna Laoly kepada Bupati Sleman pada acara JDIHN Awards Tahun 2022 di Jakarta Pusat, Selasa (18/10) lalu.

Pada kesempatan ini terdapat 10 kabupaten yang mendapatkan penghargaan yaitu Banyuwangi, Batang, Blora, Magelang, Pemalang, Semarang, Sleman, Sukoharjo, Sumedang, dan Wonosobo. Adapun Sleman menjadi anggota JDIHN terbaik peringkat 5 kategori kabupaten tingkat nasional. 

Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, Widodo Ekatjahjana dalam laporannya mengatakan, JDIHN Awards ini merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun berdasarkan penilaian kinerja. “Pemberian penghargaan ini bertujuan meningkatkan koordinasi dan kerjasama yang efektif antara pusat dan daerah dalam mengelola dokumentasi dan informasi hukum melalui sistem yang terintegrasi,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, Sleman merupakan salah satu pengelola JDIH terbaik dari 416 kabupaten di Indonesia. Dalam penganugerahan tahun ini, Sleman naik satu posisi dari tahun sebelumnya yang berada pada peringkat 6.

Read More

Atas prestasi ini, dia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mengelola JDIH secara baik sehingga masyarakat bisa mengakses produk hukum dengan mudah. “Penghargaan ini menjadi salah satu motivasi bagi Pemkab Sleman, khususnya Bagian Hukum Setda untuk semakin meningkatkan kinerjanya,” katanya. 

Pemkab Sleman juga telah mengembangkan inovasi terkait pengelolaan JDIH melalui optimalisasi website. Upayanya antara lain pengembangan plugin fitur kontak layanan admin ke nomor Whatsapp di website, perubahan fitur Indeks Kepuasan Masyarakat, dan penambahan fitur multi bahasa atau plugin multi language. Selain itu dilakukan penambahan halaman berupa page profil, struktur organisasi, page profil anggota JDIH beserta linknya, dan perubahan menu galery prestasi.

Related posts

Leave a Reply