Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SDIT Luqman Al Hakim Sleman Gelar Panen Karya

Penampilan pencak silat KPS Nusantara Elhaes dalam pameran produk karya / ist

SLEMAN, SMJogja.com – Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Luqman Al Hakim, Sedan, Sariharjo Ngaglik, Sleman menggelar hasil karya. Mereka memamerkan karyanya sebagai bentuk cinta dan bangga dengan kearifan lokal. panen karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tahun 2022, di halaman SDIT Luqman Al Hakim (ELHAES) Kamis (24/11/2022).

Kepala SDIT Luqman Al Hakim Sleman Novi Afriadi SHI MPd menjelaskan panen karya merupakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tahun 2022 berlangsung di halaman SDIT Luqman Al Hakim (Elhaes).

Peserta panen karya P5 para siswa kelas 1 dan 4 sedangkan siswa kelas 2, 3, 5 dan 6 ikut memeriahkan. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari. Ada sebanyak 436 siswa yang ikut dalam kegiatan tersebut.

“Sebelum acara berlangsung ada sebuah proses yang panjang mulai dari perencanaan, pembuatan kemudian evaluasi sampai akhirnya produk siswa yang dipamerkan di halaman sekolah,” ujar Novi Afriadi.

Read More

Merdeka Belajar

Ia menambahkan kegiatan panen karya merupakan program khusus untuk implementasi kurikum merdeka belajar khususnya siswa kelas 1 dan 4. Pameran karya sekaligus untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang ada pada penguatan profil pelajar Pancasila.

”Ada enam elemen dalam Profil Pelajar Pancasila yakni berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong-royong, bernalar kritis dan kreatif,” tandasnya.

Penerapan Impelementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SDIT Luqman Al Hakim Sleman sudah berlangsung sejak tahun ajaran 2022/2023 dengan kategori Merdeka Berbagi. Penerapan kurikulum ini dapat menjadi solusi pemulihan pendidikan di Indonesia.

Hadir dalam pameran karya, Koordinator Wilayah (Korwil) Pengawas SD Kapanewon Ngaglik, Suwarni SPd MPd serta pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama Kapanewon Ngaglik Sleman Munafirin MPd. Ada pula Kepala Desa Sariharjo Sarbini SSos dan Dukuh Sedan, Miyarno.

Related posts

Leave a Reply