Pentingnya Administrasi Kesehatan dalam Pelayanan Masyarakat

Penyerahan SK Institut Sains Teknologi dan Kesehatan Mulia Yogyakarta (ISTEK MY) / dok ISTEK MY

JOGJA, SMJogja.com – Perkembangan dan kemajuan bidang kesehatan sangat pesat. Terutama sejak pandemi Covid-19, berbagai temuan baru muncul agar pengelolaan bidang tersebut seperti rumah sakit dan layanan kesehatan berjalan lancar.

”Pandemi tidak menjadi kendala bagi pengembangan pelayanan kesehatan, bahkan bisa lebih baik, efektif serta efisien,” ungkap Ketua Yayasan Mulia Yogyakarta, Dr Mujidin MSi.

Ia menyampaikan hal itu usai penyerahan SK berdiri Institut Sains Teknologi dan Kesehatan Mulia Yogyakarta (ISTEK MY) yang berada di Jalan Wates Km 9,5, Bantul. Kampus baru tersebut berdiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 63/E/O/2022 yang ditetapkan pada 15 Februari 2022.

Berdirinya ISTEK MY menambah jumlah perguruan tinggi di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta. Semula 101 kampus, kini menjadi 102. Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta, Prof Aris Junaidi menyerahkan langsung ke Dr Mujidin MSi.

Read More

Segera Merger

Mujidin menjelaskan, ISTEK MY memiliki tiga Program Studi Sarjana yakni Informatika, Administrasi Kesehatan, Perpustakaan dan Sains Informasi. Tiga prodi ini peluangnya cukup besar sehingga ia bisa mengembangkan lebih optimal.

Kampus itu akan segera merger dengan Akademi Kebidanan Mulia Madani Yogyakarta atau Akbid MMY yang berdiri sejak 2018 dan terus berkembang. Keduanya sama-sama memiliki bidang kesehatan sehingga bakal merger.

”Beberapa tahun yang akan datang, keduanya bakal merger sesuai dengan saran LLDIKTI. Akademi Kebidanan Mulia Madani Yogyakarta Dan Institut Sains Teknologi dan Kesehatan menjadi satu universitas,” imbuh Mujidin.

Aris Junaidi menambahkan mendapatkan izin Mendikbutristek berarti sudah bisa menyelenggarakan pendidikan. Setelah itu, kampus harus mengikuti proses akreditasi supaya masyarakat mengetahui status perguruan tinggi.

Related posts

Leave a Reply