Pentingnya Inovasi dalam PPG, Guru Menentukan Kualitas Pendidikan

Para narasumber menyampaikan gagasan dalam seminar nasional ''Serentak Berkolaborasi Wujudkan Inovasi'' / Agung PW

JOGJA, SMJogja.com – Berbagai penelitian menyebutkan guru merupakan pilar pendidikan negara. Negara dengan kualitas pendidikan bagus, pasti juga memiliki kualitas pendidikan guru yang bagus pula. Karena itu perlu kolobarasi berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas guru.

Hal itu terungkap dalam seminar nasional ”Serentak Berkolaborasi Wujudkan Inovasi” di Digital Library Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kamis (24/11). Seminar merupakan kerja sama Tanoto Fondation, UNY, Kemendikbudristekm Kemenag.

”Guru merupakan garda terdepan dalam dunia pendidikan. Sebagai agen perubahan bangsa, kualitas dan kapasitas guru perlu ditingkatkan, utamanya dalam menghadapi perkembangan dan kemajuan zaman,” tandas Global CEO Tanoto Fondation, J Satrio Tanudjojo.

Lembaganya bekerja sama dengan banyak pihak guna meningkatkan pendidikan guru di seluruh Indonesia. Salah satu programnya, mengidentifikasikan praktik baik dalam pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Hasilnya, muncul banyak inovasi dari pembimbingan kolaboratif antara dosen dan guru. Selain itu, para calon guru juga dapat melakukan refleksi pembelajaran demi peningkatan kualitas pendidikan.

Read More

Strategi Pemerintah

Sementara itu, Koordinator Pokja PPG Pra Jabatan Kemendikbudristek, Dr Zainun Misbah SS MSc ribuan guru bakal memasuki masa pensiun. Kondisi tersebut tidak berarti menghentikan proses pendidikan. Pemerintah telah memiliki strategi untuk melakukan regenerasi guru.

”Jumlah guru yang bakal pensiun mencapai 77.000 tetapi kami sudah menyiapkan sekitar 40.000 yang akan menggantikannya. Pemerintah memastikan proses pembelajaran terus berjalan,” ujar Misbah.

Menurutnya, Pemerintah juga telah melakukan seleksi, dari target 40.000 ternyata jumlah pendaftar mencapai 75.000. Mereka yang diterima dalam proses seleksi merupakan guru yang memang menguasai bidang studinya.

Guru besar manajemen pendidikan, Prof Muchlas Samani menjelaskan PPG merupakan sesuatu yang baru bagi Indonesia. Karena itu, perlu model yang tepat dan ideal. Berbagai kajian dan penelitian ilmiah dilakukan guna menemukan model yang tepat guna peningkatan kualitas guru.

Related posts

Leave a Reply