Pentingnya Literasi Digital, Pengguna Internet 204,7 Juta

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD, Dr Gatot Sugiharto SH MH / Agung PW

JOGJA, SMJogja.com – Data sebuah lembaga survei menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2021 mencapai 204,7 juta. Setiap tahun terjadi peningkatan jumlah pengguna. Ini harus diberangi dengan literasi digital supaya masyarakat dapat menggunakan internet untuk hal-hal yang produktif.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan hal itu ketika membuka seminar dan workshop Kampus dan Sekolah Cerdas Digital di Amphitarium Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta.

”Massifnya pengguna internet membawa serta berbagai risiko seperti penipuan online, hoaks, perundungan, konten negatif dan lainnya,” ujar Semuel.

Karena itu, ia memandang penting peningkatan penggunaan internet disertai dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni. Tujuannya, masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak dan tepat guna.

Read More

Belum Baik

Ia juga mengungkapkan, survei Kominfo menunjukkan indeks literasi digital di angka 3,49 dan berada pada kategori sedang, belum mencapai kategori baik. Ia mengajak semua pihak bersama-sama meningkatkan literasi digital masyarakat.

”Literasi digital meliputi empat pilar yakni kecakapan, budaya, etika dan keamanan digital. Selama melaksanakan program tersebut, kami sudah menjangkau 12 juta orang di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Ini pekerjaan besar dan perlu kolaborasi,” imbuh Semuel.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Gatot Sugiharto SH MH mengatakan perkembangan internet memang luar biasa. Hampir semua orang menggunakan internet, memiliki media sosial.

”Namun belum semua memahami etika berinternet, belum semua mengetahui ada aturan dan hukum yang bisa menjerat seseorang yang bermasalah dengan dunia internet,” papar Gatot.

Di sinilah pentingnya literasi digital supaya masyarakat bijak menggunakan internet. Mereka harus memahami etika di internet, di media sosial dan dapat menggunakan secara bijak.

Related posts

Leave a Reply