Penumpang Milenial Mendominasi, KAI Luncurkan Kereta Tematik Hype Trip

Petugas menyambut penumpang yang akan masuk ke gerbong kereta api Taksaka tematik hype trip di Stasiun Yogyakarta, Jumat (23/9/2022) / Amelia Hapsari

YOGYAKARTA, SMJogja.com – Beberapa tahun belakangan, kaum milenial mendominasi moda transportasi kereta api di Indonesia. Data statistik terakhir tahun 2019 menyebutkan, jumlah penumpang kereta api mencapai 429 juta dan 64 persen diantaranya adalah golongan milenial.

Merespon hal itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan kereta bertema hype trip. Sebagai permulaan, konsep hype trip disematkan pada gerbong kereta Taksaka jurusan Yogyakarta-Gambir pulang pergi. Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo menjelaskan, hype trip adalah perjalanan kereta dengan fasilitas serba kekinian mulai dari menu makanan, permainan, seragam kru hingga livery. 

“Ini adalah salah satu inovasi kami dalam beradaptasi dengan perkembangan zaman. Konsumen kita berubah sehingga harus menyesuaikan dengan pasar yang ada,” katanya saat peluncuran hype trip Taksaka di Stasiun Yogyakarta, Jumat (23/9).

Dipilih Taksaka sebagai pilot project karena banyak pelanggannya yang berasal dari Gen Y dan Z. Berdasar data, sepanjang periode Januari hingga Juni 2022 sebanyak 58 persen atau 2,7 juta pelanggan KA Taksaka berusia 12-41 tahun. Selain itu KA Taksaka juga merupakan kereta api yang menghubungkan daerah pusat ekonomi dengan salah satu destinasi wisata dan pendidikan.

Read More

Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa menambahkan, fasilitas hype trip disesuaikan dengan kebutuhan milenial. Menu yang disediakan pun cocok dengan lidah anak muda seperti es kopi susu, thai tea, tom yum, dimsum, spagheti, dan katsu.

“Pada kereta hype trip juga tersedia board game seperti flash card, jenga block, UNO card, dan ular tangga yang dapat dimainkan selama perjalanan,” ujarnya. 

Disamping itu, livery bernuansa hype juga diterapkan pada interior dan eksterior kereta api. Livery yang terpasang di lokomotif dan kereta ini didesain penuh warna. Di bagian interior terpasang bermacam tulisan motivasi untuk menginspirasi dan memberikan semangat kepada pelanggan.

Tidak kalah menarik, seragam kru juga dirancang kekinian. Petugas kondektur yang sebelumnya memakai jas, kini diganti dengan mengenakan rompi. Adapun petugas prama dan prami yang sebelumnya mengenakan seragam abu-abu, sekarang tampil gaya dengan jaket bomber serta topi untuk prama dan scarf untuk prami.

Perjalanan kereta api dengan konsep hype trip ini merupakan bagian dari peningkatan layanan dalam rangka menyambut HUT Ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September 2022.

Related posts

Leave a Reply