Perkuat Literasi Siswa, Madrasah Mu’allimaat Berbagi Buku

Madrasah Mu’allimaat berbagi buku dengan SMP Muhammadiyah Semanu, Gunungkidul / ist

JOGJA, SMJogja.com – Sekolah sebagai lembaga pendidikan sudah selayaknya memiliki banyak buku sebagai bahan bacaan siswa, tidak sebatas buku ajar. Semakin banyak membaca buku, makin banyak pula pengetahuan.

Perpustakaan sekolah merupakan sumber dari segala informasi bagi peserta didik. Perpustakaan sekolah juga jantung pendidikan, karena menempati posisi srategis menentukan kemajuan ilmu pengetahuan. Madrasah Mu’allimaat Yogyakarta melihat pentingnya perpustakaan dan mengembangkannya menjadi tempat yang nyaman bagi siswa untuk mendapat pengetahuaan.

Kepala urusan Perpustakaan Madrasah Mu’allimaat, Sumarwoko ST menuturkan sekolahnya memiliki pepustakaan yang komprehensif, Perpustakaan Prof Siti Baroroh Baried. Nama tersebut merupakan
profesor perempuan pertama di Indonesia.

”Perpustakaan Madrasah Mu’allimaat mempunyai visi menjadi perpustakaan madrasah yang mampu memberikan layanan referensi informasi dan ilmu pengetahuan yang efisien dan efektif. Ini sebagailangkah mencetak kader-kader Muhammadiyah yang terbuka dan berkemajuan,” papar Sumarwoko.

Read More

Berbagi Buku

Salah satu aktivitas nyata dari perpustakaan yakni melakukan gotong royong dalam rangka menyediakan buku bacaan di berbagai tempat ataupun lembaga pendidikan yang membutuhkan. Belum lama ini, sekolah tersebut bekerja sama dengan SMP Muhammadiyah Semanu, Gunungkidul yang memiliki perpustakaan sekolah ”Ngudi Kawruh”.

Perpustakaan Madrasah Mu’allimaat memberikan sejumlah bahan pustaka sebanyak 111 judul, 203 eksemplar. Bukunya terdiri atas buku bacaan umum, agama, dan fiksi.

Kepala SMP Muhammadiyah Semanu, Gunungkidul, Rohmah Yuliana SPd mengapresiasi bantuan dari Madrasah Mu’allimaat. Ia berharap buku-buku itu membuka cakrawala siswa dan guru sehingga dapat mengembangkan ilmu dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Related posts

Leave a Reply