Petani Diperbolehkan Beli Biosolar Pakai Jerigen

Panen padi daerah Kalasan, Sleman / SMJogja.com-Amelia Hapsari

SLEMAN, SMJogja.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman tidak melarang petani membeli BBM jenis biosolar menggunakan wadah jerigen. Kebijakan ini diambil lantaran larangan pembelian biosolar dengn jerigen membuat petani kesulitan.

Jarak yang jauh terkadang tidak memungkinkan untuk membawa mesin pertanian ke lokasi SPBU. Akhirnya pada April lalu, Bupati menerbitkan surat edaran perihal pembelian biosolar untuk petani dan UMKM. Edaran itu diterbitkan setelah Pemkab melakukan koordinasi bersama BPH Migas. Kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan dengan menyusun Standar Operasional Prosedure (SOP) terkait dengan pembelian BBM bersubsidi khusus sektor pertanian.

“Kebijakan kami adalah mendelegasikan kewenangan pelayanan penerbitan rekomendasi pembelian kepada masing-masing UPTD BP4 Wilayah I sampai dengan VIII. Ketentuan ini sudah berlaku per 31 Mei 2022,” kata Plt Kepala DP3 Suparmono, Kamis (16/6).

Sesuai SOP, petani yang akan membeli biosolar menggunakan jerigen diharuskan terlebih dulu mengajukan permohonan diketahui oleh kalurahan. Surat keterangan dari kalurahan ini berisikan tentang identitas pemohon, jenis usaha (pertanian, perikanan atau usaha mikro), jenis alat yang membutuhkan BBM, jenis BBM yang dibutuhkan, kebutuhan atau konsumsi BBM dalam periode tertentu, tempat dan alamat pembelian BBM, dan nomor lembaga penyalur BBM.

Read More

Selanjutnya, surat keterangan dibawa ke UPTD BP4 Wilayah I hingga VIII sesuai domisili pemohon yang dibuktikan dengan NIK. Setelah diverifikasi, petugas akan mengeluarkan surat rekomendasi. Berbekal surat ini, petani bisa membeli biosolar di SPBU yang dituju sesuai yang tertera di rekomendasi. Pram memastikan, pemrosesan berkas di UPTD BP4 tidak memakan waktu lama.

“Sejak berkas masuk di UPTD BP4 sampai terbit surat rekomendasi hanya kurang lebih 60 menit,” ujarnya.

Dia berharap adanya regulasi ini dapat membantu masyarakat dalam melakukan usaha budidaya pertanian. 

Related posts

Leave a Reply