Petani Mengeluh Pengeluaran BBM Boros, Tim UNY Turun Tangan Bangun PLTS

Tim UNY dan petani memasang PLTS / ist

JOGJA, SMJogja.com – Petani di Madurejo, Prambanan, Sleman merasa pengeluaran anggaran untuk BBM boros. Selama ini mereka menggunakan BBM sebagai energi untuk menghidupkan pompa air. Air dari pompa inilah untuk mengairi lahan pertanian.

Setelah bertemu dengan sejumlah dosen dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), akhirnya mereka mendapat bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Mereka yang turun langsung ke lapangan dan terlibat proses pembuatan yakni Muhammad Luthfi Hakim ST MEng, Ir Alex Sandria Jaya Wardhana MEng. Warga setempat juga membantu proses pembuatan dan pemasangannya.

”Pembuatan PLTS merupakan bagian dari pengabdian masyarakat. Pembangkit tenaga matahari untuk menghidupkan pompa sebagai sarana mengalirkan air dari sumber setempat. Aliran air sangat penting guna irigasi pada area persawahan,” papar Lutfhi.

Ia menuturkan, petani selama ini menggunakan pompa berbahan bakar minyak. Mereka mengatakan pengeluaran untuk itu sangat boros. Ia berharap, pembangunan PLTS memberikan dampak besar bagi para petani khususnya efisiensi penggunaan BBM.

Read More

Related posts

Leave a Reply