Petanque Jadi Satu-satunya Cabor Eksibisi

SLEMAN, SMJogja.com – Selain 44 cabang olahraga (cabor) pertandingan, Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY Tahun 2022 ini juga mempertandingkan satu olahraga uji coba yakni petanque. Ini adalah kali pertama petanque masuk dalam rangkaian jadwal pertandingan Porda walaupun masih bersifat eksibisi.

“Pada Porda kali ini, petanque baru bisa masuk eksibisi. Artinya, tetap dilombakan tapi perolehan medali tidak dihitung secara resmi,” kata Ketua Umum Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sleman Ani Martanti, Minggu (4/9).

Eksibisi petanque dilangsungkan di Lapangan Sisi Timur GOR UNY. Kontingen Sleman menerjunkan 18 atlet yang bertanding di semua nomor. Targetnya adalah meraih medali emas. “Persiapan sudah dilakukan dengan rutin berlatih dua kali dalam seminggu. Kami optimistis bisa memperoleh medali emas,” kata Ani yang juga menjabat Ketua Komisi A DPRD Sleman ini.

Meski saat ini masih menjadi olahraga uji, dia berharap  petanque bisa masuk sebagai pertandingan resmi pada Porda berikutnya. Olahraga petanque diakuinya memang belum banyak peminat. Di Sleman sendiri, petanque baru mulai dikenal oleh masyarakat sekitar tahun 2018. 

Read More

Federasi pun terus berupaya menyosialisasikan keberadaan olahraga petanque. Harapannya akan semakin banyak bibit atlet yang terjaring sehingga petanque dapat dipertandingkan secara resmi di ajang Porda. Sekarang ini sudah ada sekitar 30 atlet yang bernaung dibawah FOPI Sleman. Pihaknya bahkan menargetkan bisa masuk seleksi PON.

“Selama ini sosialisasi sudah berjalan terutama menyasar anak sekolah. Pengenalan olahraga petanque juga kami lakukan di destinasi wisata,”  ujarnya.

Menurut Ani, petanque adalah olahraga yang simpel, dan tidak terlalu menguras energi. Peralatan yang dibutuhkan  hanya sederhana terutama bola dari bahan besi. Keunggulan olahraga ini adalah keseimbangan antara unsur fisik dan psikis karena permainannya juga menguji kesabaran.

Related posts

Leave a Reply